Pengoperasian turbin kedua ini pada perayaan hari kemerdekaan ini adalah hadiah yang sangat berharga bagi rakyat Tajikistan
Rogun, Tajikistan (ANTARA) - Presiden Tajikistan Emomali Rahmon meresmikan turbin kedua dari enam turbin yang sedang dibangun di pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Rogun, Senin waktu setempat.

Hadir dalam peresmian turbin yang bertepatan juga dengan peringatan hari kemerdekaan Tajikistan itu Perdana Menteri Tajikistan Qohir Rasulzoda, Wali Kota Dushanbe Rustam Emomali dan Direktur PLTA Rogun Khayrullo Safarzoda.

"Pengoperasian turbin kedua ini pada perayaan hari kemerdekaan ini adalah hadiah yang sangat berharga bagi rakyat Tajikistan," kata Presiden Rahmon Salam dalam pidatonya.

Baca juga: Presiden Tajikistan sebut ISIS sebagai "wabah" modern

Presiden Rahmon mengucapkan selamat kepada seluruh rakyat Tajikistan dan juga mitra luar negeri terlibat dalam pembangunan PLTA Rogun atas diresmikannya turbin kedua tersebut.

Turbin pertama PLTA Rogun diresmikan dan mulai beroperasi 16 November tahun lalu.
 
Presiden Tajikistan Emomali Rahmon meresmikan pengoperasian turbin kedua Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Rogun, Tajikistan, Senin (9/9/2019). ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo. 

Presiden Rahmon kembali menegaskan bahwa PLTA Rogun dibangun dengan standar keselamatan internasional, melibatkan para ahli serta menggunakan teknologi mutakhir.

Digabung dengan PLTA yang lain, menurut Presiden Rahmon, listrik yang dihasilkan tidak hanya cukup untuk melayani kebutuhan rakyat Tajikistan, tetapi juga untuk ekspor.

"Nantinya tidak hanya menerangi rumah-rumah warga Tajikistan, melainkan juga akan melayani negara-negara di kawasan," kata Presiden Rahmon.

Baca juga: WTO setujui keanggotaan Tajikistan

Ia menegaskan bahwa sektor energi merupakan kunci bagi pertumbuhan ekonomi berkelanjutan Tajikistan terutama untuk mencapai tujuan nasional sekaligus mempercepat industrialisasi.

Menurut dia, tidak lama lagi kehidupan rakyat Tajikistan akan berkembang berkali lipat, perekonomian Tajikistan pun semakin kuat dan meningkat secara nyata.
 
Para pekerja dan warga menyaksikan pidato Presiden Tajikistan Emomali Rahmon saat peresmian pengoperasian turbin kedua Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Rogun, Tajikistan, Senin (9/9/2019). ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo. 

PLTA Rogun direncanakan memiliki enam turbin dengan kapasitas keseluruhan 3.600 megawatt (MW) atau 600 MW tiap turbin. Instalasi ini bisa menghasilkan lebih dari 17 miliar kWh.

Baca juga: Presiden Tajikistan Bubarkan 10 Kementerian

PLTA Rogun mendapat pasokan dari Bendungan Rogun yang terletak pada ketinggian 1.065 meter dari permukaan laut.

Saat ini cadangan air di bendungan itu mencapai 200 juta meter kubik. Dengan permukaan air pada titik 1.058 meter maka sudah memungkinkan untuk menggerakkan dua turbin.
 

Pemerintah Tajikistan kebut pembangunan PLTA Rogun

Pewarta: Sigit Pinardi
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019