counter

Piala Dunia FIBA

Yunani kalahkan Ceko, tapi peluang ke perempat final tertutup

Yunani kalahkan Ceko, tapi peluang ke perempat final tertutup

Pebasket Republik Ceko Tomas Satoransky (kanan) mengawal ketat pergerakan bintang Yunani Giannis Antetokounmpo (kiri) dalam pertandinga Grup K putaran kedua Piala Dunia FIBA 2019 di Shenzhen, China, Senin (9/9/2019). (ANTARA/REUTERS/Athit Perawongmetha)

Jakarta (ANTARA) - Yunani berhasil mengalahkan Republik Ceko 84-77 dalam laga lanjutan Grup K putaran kedua Piala Dunia FIBA 2019 di Shenzhen, China, Senin, tapi peluang mereka lolos ke perempat final tertutup.

Pasalnya, selisih kemenangan mereka kurang dari 12 poin yang menjadi salah satu prasyarat untuk lolos ke perempat final seturut laman resmi FIBA.

Baca juga: Yunani-nya Antetokounmpo jadi korban lanjutan catatan sempurna Amerika

Hasil itu hanya cukup membuat Yunani untuk sementara naik ke peringkat kedua klasemen dengan koleksi delapan poin dan mengungguli Ceko (8) dalam rekor head-to-head.

Namun, apapun hasil pertandingan berikutnya antara Brasil (7) kontra Amerika Serikat (8) sudah dipastikan akan menggusur posisi Yunani dari peringkat kedua.

Jika Brasil berhasil menang atas Amerika Serikat, praktis kedua tim akan lolos ke perempat final. Sementara jika Amerika menang, maka Brasil, Yunani dan Ceko akan sama-sama mengumpulkan delapan poin dan mereka dibandingkan secara head-to-head, di mana Ceko memiliki keunggulan dan lolos mendampingi Amerika.

Yunani sebetulnya dua kali sempat memiliki keunggulan berjarak 12 poin alias memenuhi ambang batas kemenangan untuk tetap punya peluang lolos ke perempat final.

Baca juga: Popovich bilang Amerika menjadi lebih baik usai kalahkan Yunani

Keadaan itu pertama kali terjadi pada sisa waktu tujuh menit 48 detik kuarter keempat lewat tembakan dua angka Kostas Papanikolaou yang membuat mereka unggul 63-51 atas Ceko.

Namun Ceko menghapus jarak tersebut, sebelum Yunani kembali mencapainya pada sisa waktu enam menit 47 detik lewat layup Nick Calathes yang membuat kedudukan menjadi 65-53.

Sayangnya, itu menjadi momen terakhir Yunani punya keunggulan 12 poin atas Ceko, yang sejak itu meraup tak kurang dari 24 poin tambahan hingga waktu berakhir.

Sedangkan Yunani yang cuma memperoleh 19 poin lagi, hanya bisa menyudahi pertandingan dengan kemenangan 84-77 atau selisih tujuh poin saja kurang lima poin dari ambang batas salah satu prasyarat mereka punya peluang lolos ke perempat final.

Baca juga: Ceko ciptakan kejutan lagi, jungkalkan Brasil 93-71

Jaromis Bohacik jadi pengumpul angka terbanyak di kubu Ceko dengan koleksi 25 poin, diikuti 13 poin Patrik Auda serta 11 poin dan lima rebound Vojtech Hruban.

Tomas Satoransky yang menjelma jadi tulang punggung Ceko selama di China kembali tampil optimal dengan raihan 13 poin, delapan rebound dan sembilan assist.

Pemain Terbaik (MVP) NBA 2018/19 Giannis Antetokounmpo cuma bisa menyumbangkan 12 poin dan sembilan rebound bagi Yunani.

Kerja keras rekan-rekannya, yakni Nick Calathes yang membukukan 27 poin, enam rebound dan enam assist, Kostas Sloukas 16 poin dan Thanasis Antetokounmpo 11 poin, masih tak cukup untuk membantu Yunani meraih hasil yang dibutuhkan untuk menjaga asa lolos ke perempat final.

Baca juga: Spanyol redam Serbia, paksa Jokic cs telan kekalahan perdana

Baca juga: Bogdanovic dipuji pelatih lawan, Jokic dikritik pelatih sendiri

Baca juga: Scola pimpin Argentina hempaskan Polandia 91-65

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar