counter

US Open 2019

Lima pertandingan terbaik sepanjang perhelatan US Open 2019

Lima pertandingan terbaik sepanjang perhelatan US Open 2019

Sep 8, 2019; Flushing, NY, USA; Rafael Nadal of Spain celebrates match point against Daniil Medvedev of Russia in the men's singles final on day fourteen of the 2019 US Open tennis tournament at USTA Billie Jean King National Tennis Center. Mandatory Credit: Danielle Parhizkaran-USA TODAY Sports TPX IMAGES OF THE DAY *** Local Caption *** Petenis Spanyol Rafael Nadal merayakan match point usai melawan petenis Rusia Daniil Medvedev pada babak final tunggal putra turnamen tenis US Open 2019 di USTA Billie Jean King National Tennis Center, di Flushing, New York, Amerika Serikat, Minggu (8/9/2019). ANTARA FOTO/Danielle Parhizkaran-USA TODAY Sports /djo/ (USA TODAY Sports/Danielle Parhizkaran)

Jakarta (ANTARA) - US Open resmi berakhir setelah Rafael Nadal menang atas Daniil Medvedev pada partai final yang diselenggarakan di Flushing Meadows, New York, Minggu (Senin WIB).

Turnamen yang berlangsung selama dua minggu itu pun tidak lepas dari pertandingan-pertandingan big-match yang diwarnai dengan penuh drama, mulai dari petenis yang berhasil mengalahkan petenis top dunia hingga permainan lima set yang berlangsung lima jam.

Berikut lima pertandingan terbaik sepanjang pagelaran US Open tahun ini.

1. Matteo Berretini vs Gael Monfils

Matteo Berretini harus bermain lima set untuk menumbangkan Gael Monfils dan meraih kemenangan dengan skor 3-6, 6-3, 6-2, 3-6, 7-6.

Kedua pemain mempunyai kesempatan untuk menang di set kelima. Namun pemenang harus ditentukan oleh tiebreak, hingga akhirnya petenis Italia berhasil mematahkan pukulan Monfils.

Atas kemenangannya itu, Berretini berhak maju ke babak perempat final dan bertemu dengan Rafael Nadal.

2. Bianca Andreescu vs Serena Williams

Bianca Andreescu menjungkalkan Serena Williams dengan kemenangan meyakinkan yakni 6-3, 7-5. Andreescu menjadi remaja pertama yang memenangi gelar Grand Slam dalam debutnya pada babak utama US Open.

Pada pertandingan yang mempertemukan dua petenis lintas generasi itu, Andreescu yang memimpin 5-1 pada set kedua, membuat sorak sorai para penonton di Arthur Ashe Stadium pecah tak terbendung meneriakkan nama Serena.

Ketika Serena berhasil menipiskan margin menjadi 6-5, Andreescu memastikan kemenangan melalui pukulan forehand yang tak bisa dijangkau Serena.

Pertandingan itu menjadi penampilan yang memukau dari awal hingga akhir. Kedua petenis bermain dengan penuh semangat dan mantap. Andreescu pun tampil dengan sangat berani tanpa terlihat takut sekalipun.

Atas kemenangannya, Serena gagal meraih gelar Grand Slam ke-24.

3. Taylor Townsend vs Simona Halep

Taylor Townsend membekuk petenis unggulan keempat asal Rumania Simona Halep dengan skor 2-6, 6-3, 7-6 pada putaran kedua US Open.

Petenis kidal Townsend mengejutkan peraih gelar Wimbledon Halep saat ia berkali-kali maju dan bermain di net.

Petenis Amerika Serikat yang berada di posisi ke-116 dunia itu sempat tertinggal 4-5 di set terakhir. Namun akhirnya berhasil memastikan kemenangan pertamanya melalui tiebreak.

Sebelumnya Townsend mengalami tiga kali kekalahan saat berhadapan dengan Halep, namun ia mampu membalikkan keadaan itu.

4. Grigor Dimitrov vs Roger Federer

Grigor Dimitrov berhasil mengalahkan petenis peringkat ketiga dunia sekaligus idolanya, Roger Federer dalam duel lima set pada perempat final dengan skor akhir 3-6, 6-4, 3-6, 6-4, 6-2.

Pertandingan di Flushing Meadows merupakan penampilan mereka yang kedelapan setelah tujuh pertemuan sebelumnya Dimitrov selalu kalah oleh Federer.

Dimitrov main sangat agresif, percaya diri, dan mengeluarkan semua taktiknya di lapangan untuk mengalahkan Federer.

Memasuki set kelima, Federer meminta medical timeout. Dimitrov tak menyia-nyiakan kesempatan itu untuk mematahkan servis Federer dan mengumpulkan poin hingga akhirnya Federer takluk di tangan petenis Bulgaria itu setelah tiga jam pertandingan.

5. Coco Gauff vs Timea Babos

Coco Gauff mengalahkan Timea Babos 6-2, 4-6, 6-4 pada putaran kedua US Open setelah sebelumnya Coco juga berhasil menaklukkan peraih lima gelar Wimbledon Venus Williams pada babak pertama turnamen The All England tahun ini.

Coco yang masih berusia 15 tahun itu dapat mengatasi permainan Babos dengan tenang sebelum akhirnya melaju ke putaran ketiga.

Baca juga: Fakta perjalanan karir Rafael Nadal

Baca juga: Nadal termotivasi oleh kecintaan pada tenis, bukan rekor Grand Slam

Baca juga: Nadal vs Medvedev, fakta dan angka

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Aris Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar