counter

Kebakaran lahan di Penajam Paser Utara meningkat

Kebakaran lahan di Penajam Paser Utara meningkat

Salah satu kebakaran lahan yang terjadi di wilayah Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (Antaranews/Novi Abdi)

Penajam (ANTARA) - Kebakaran lahan di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dalam tiga hari terakhir meningkat, kata Kepala sub Bidang Logistik dan Peralatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD setempat Nurlaila.

"Terjadi 18 kebakaran lahan  dan disinyalir sengaja dibakar oleh warga pemilik lahan," ujar Nurlaila ketika ditemui, Selasa.

Dalam satu hari kebakaran lahan di wilayah Benuo Taka (sebutan Kabupaten Penajam Paser Utara) bisa terjadi mencapai tujuh kali.
Baca juga: BPBD sebut potensi karhutla di Penajam cukup tinggi

Sebagian besar kebakaran lahan di wilayah Penajam Paser Utara tersebut menurut Nurlaila, terjadi di Kecamatan Penajam.

BPBD Kabupaten Penajam Paser Utara menduga kebakaran lahan yang terjadi di daerah itu faktor kesengajaan yang dilakukan masyarakat.

"Kami duga ada faktor kesengajaan yang dilakukan warga melakukan pembakaran, tetapi tidak diawasi," ucap Nurlaila.

Salah satunya lanjut ia, pembakaran sampah yang tidak diawasi, sehingga api menjalar ke lahan di sekitarnya dan terjadilah kebakaran.
Baca juga: BENCANA ASAP - Satelit Terra deteksi 333 titik panas di Kaltim

Kebakaran lahan yang terjadi di Kabupaten Penajam Paser Utara tersebut mengakibatkan jarak pandang di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan Balikpapan menurun.

Masyarakat dan perusahaan diminta ikut menjaga lingkungan dengan tidak melakukan pembakaran apalagi tanpa diawasi, sebab dampaknya cukup luas termasuk merusak ekosistem hewan di sekitar.

Setiap perusahaan diminta jangan hanya melindungi wilayahnya saja, tetapi juga harus berpartisipasi membantu melindungi masyarakat sekitar saat terjadi bencana.

"Warga diimbau jangan membakar lahan dengan alasan apapun, apalagi tanpa adanya pengawasan karena berpotensi menimbulkan kebakaran yang lebih luas," tambah Nurlaila.
Baca juga: Di Penajam Paser Utara terpantau empat titik panas

Pewarta: Novi Abdi
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kabut asap di Kolaka Timur mengganggu aktifitas warga

Komentar