Jakarta (ANTARA) - Rafael Nadal memperlebar jarak keunggulannya dari Novak Djokovic menjadi berjarak 1.960 poin dalam klasemen sementara menuju Nitto ATP Finals 2019 yang akan digelar di London, pertengahan November nanti.

Keberhasilan Nadal menjuarai US Open yang menghasilkan 2.000 poin tambahan, membuat petenis Spanyol itu kini berpeluang besar untuk menutup musim sebagai nomor wahid, demikian catatan laman ATP Tour.

Baca juga: Nadal juarai US Open keempat usai kalahkan Medvedev

Baca juga: Nadal samakan total kemenangan "Big Title" Djokovic dan Federer

Jika posisinya bertahan, maka Nadal akan menyamai rekor dua pesaingnya dalam rivalitas Tiga Besar, Djokovic dan Roger Federer, serta Jimmy Connors, yang lima kali berhasil menutup musim di urutan pertama.

Rekor terbaik masih dimiliki oleh petenis legendaris Amerika Serikat, Pete Sampras, yang enam kali menutup musim di urutan pertama bahkan dilakukannya secara beruntun dalam kurun waktu 1993-1998.

"Jika saya bisa menjadi nomor satu, bagus. Tapi sebagaimana saya selalu bilang, itu bukan tujuan utama. Walaupun, tentu saja menyenangkan bisa bersaing di dalamnya," kata Nadal.

"Buat saya pribadi, itu bukan sebuah persaingan. Saya hanya ingin tetap kompetitif ketika di pekan-pekan yang dibutuhkan atau yang saya inginkan. Jika saya bisa bermain baik sampai akhir musim, maka itu akan luar biasa," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Nadal termotivasi oleh kecintaan pada tenis, bukan rekor Grand Slam

Baca juga: Petenis hingga klub sepak bola bereaksi atas kemenangan Nadal


Turnamen ini semakin dekat, hanya dengan dua bulan tersisa di musim ini namun dengan banyak poin untuk diperebutkan. Dengan dua turnamen ATP Masters 1000 yang tersisa yaitu Rolex Shanghai Masters dan Rolex Paris Masters, serta dan Nitto ATP Finals, seorang pemain bisa mendapat tambahan sebanyak 3.500 poin secara total.

Nadal berakhir sebagai petenis nomor satu akhir tahun di tahun 2008, 2010, 2013 dan 2017. Dalam tiga tahun catatan terakhirnya, Nadal juga mengawali dengan memenangkan US Open sebelum ia memuncaki klasemen ATP Rankings.

Baca juga: Nadal raih gelar Grand Slam ke-19 dan dekati rekor Federer

Baca juga: Fakta perjalanan karir Rafael Nadal

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2019