Sail Nias

Pemkab Nias Selatan jadikan pariwisata fokus pembangunan

Pemkab Nias Selatan jadikan pariwisata fokus pembangunan

Bupati Nias Selatan Hillarius Duha Kiri) menyebutkan pihaknya fokus pada sektor pariwisata mengingat beebagai potensi pariwisaya yang cukup banyak di daerah itu. (Antara Sumut/Septianda)

Terima kasih kepada pemerintah pusat yang memberikan perhatian kepada Nias Selatan dengan terselenggaranya Sail Nias 2019 yang dirangkai dengan Nias Pro International Surfing dengan menghadirkan 126 peselancar dari 15 negara
Nias Selatan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, menjadikan kepariwisataan sebagai salah satu fokus pembangunan yang diharapkan ke depannya dapat mendongkrak perekonomian warga di daerah itu.

Bupati Nias Selatan Hillarius Duha di Teluk Dalam, Rabu, mengatakan Nias Selatan kaya akan destinasi wisata terutama wisata bahari seperti halnya di Pantai Sorake di mana potensi ombaknya menjadi daya tarik peselancar dunia untuk menjajalnya.

Bukan hanya di Pantai Sorake, potensi yang sama juga ada di Pulau Tello yang juga dapat menjadi daya tarik pecinta diving dan snorkling.

"Terima kasih kepada pemerintah pusat yang memberikan perhatian kepada Nias Selatan dengan terselenggaranya Sail Nias 2019 yang dirangkai dengan Nias Pro International Surfing dengan menghadirkan 126 peselancar dari 15 negara," katanya.

Menyadari potensi wisata bahari yang dimiliki Nias Selatan, Pemkab Nias Selatan akan lebih banyak lagi menggelar kegiatan serupa yang menghadirkan lebih banyak lagi peserta dari mancanegara.

Meski fokus pada sektor pariwisata, ia mengaku, bukan berarti pembangunan sektor lain dikesampingkan karena semua pembangunan harus sejalan dan seiring dijalankan demi tercapainya kemakmuran rakyat.

"Kita diberikan Tuhan karunia bahari yang sangat indah. Potensi itu akan terus kita kembangkan. Banyak spot-spot surfing di Nias Selatan, seperti di Pantai Sorake dan di Pulau Tello," katanya.

Sail Nias 2019 merupakan acara layar ke-11 yang digelar pemerintah Indonesia sejak 2009. Meski telah dikenal dunia sebagai titik selancar nomor dua setelah Hawaii, Nias diharapkan akan lebih banyak dikenal dan dikunjungi wisatawan setelah perhelatan tersebut.

Selain acara puncak pada 14 September 2019, rangkaian kegiatan Sail Nias telah dimulai Mei lalu dengan "yacht rally". Selain itu, akan ada festival lompat batu sekepulauan Nias, parade kapal nelayan tradisional, gebyar kopi, hingga lomba voli pantai.

Baca juga: Warga Nias percantik desa dukung Sail Nias 2019

Baca juga: Kemenpar: Sail Nias momentum revitalisasi pariwisata Nias

Baca juga: Wisata bahari Sail Nias diharapkan berkelanjutan

Pewarta: Juraidi
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Omzet persewaan papan selancar meningkat di Nias

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar