counter

RRI Palembang komit jaga toleransi di Sumsel

RRI Palembang komit jaga toleransi di Sumsel

Penyalaan api oleh Kepala Stasiun RRI Palembang, Chrisma Rini, pada peringatan Hari Radio ke 74 Auditorium RRI Palembang, Rabu (11/9) (ANTARA/Aziz Munajar/19)

Toleransi punya arti yang banyak, tetapi intinya harus saling menghargai dan menghormati
Palembang (ANTARA) - Radio Republik Indonesia (RRI) stasiun Palembang berkomitmen ikut menjaga toleransi di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dengan meneguhkan fungsinya sebagai sarana edukasi masyarakat.

Kepala Stasiun RRI Palembang, Crishma Rini, Rabu, mengatakan peristiwa kerusuhan di Papua menjadi alarm bagi semua elemen lapisan masyarakat agar memperkuat toleransi di tengah kemajemukan Indonesia.

"Toleransi punya arti yang banyak, tetapi intinya harus saling menghargai dan menghormati dengan selalu memberikan pemahaman kepada masing-masing di tengah perbedaan," ujar Crishma Rini saat peringatan Hari Radio ke-74.

Baca juga: RRI Palembang gelar nonton bareng Sriwijaya FC vs Persib

Menurut dia, RRI sejak pertama kali berdiri sudah mengusung visi dan misi mempersatukan beragam suku, agama serta bahasa di Indonesia, visi tersebut akan terus dikuatkan lewat sajian konten berorientasi pendidikan.

Dengan menyiarkan lebih banyak tentang keberagaman nusantara, maka tumbuh pemahaman pentingnya saling menjaga satu sama lain meski berbeda latar belakang, kata dia, RRI Palembang mendedikasikan keberadaannya untuk mencegah intoleransi.

Salah satu upayanya yakni menyajikan informasi yang dapat memberikan perubahan kepada masyarakat, dari semula tidak tahu menjadi paham dan dari paham menjadi lebih menghargai.

"Kami akan terus berkembang sehingga RRI tetap menjadi pedoman masyarakat," jelas Crishma Rini.

Sementara Gubernur Sumsel, Herman Deru, menyatakan kekagumannya karena RRI tetap bertahan di era persaingan media yang semakin ketat, ia meminta RRI Palembang tetap menjadi penjernih informasi di tengah-tengah peredaran hoaks yang dapat menjurus ke intoleransi.

"Sebagai penyebar informasi publik, kami mengaharapkan peran RRI yang semakin signifikan," kata Herman Deru.

Baca juga: RRI Palembang gelar wayang kulit semalam suntuk

Selain menjaga toleransi di Sumsel, ia juga berharap RRI Palembang terus menyiarkan hasil-hasil pembangunan di berbagai bidang, terutama gelaran kompetisi olahraga nasional maupun internasional yang menjadi andalan di Sumsel.

Peringatan Hari Radio ke-74 di Auditorium RRI Palembang dilaksanakan dengan penyalaan api oleh seluruh angkasawan dan angkasawati RRI Palembang dengan disaksikan langsung pejabat Pemprov Sumsel, Pemkot Palembang, perwakilan Pangdam II Sriwijaya, Polda Sumsel serta undangan.

Pewarta: Aziz Munajar
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar