counter

Kepala BNPB temukan kilang minyak di dekat lokasi karhutla

Kepala BNPB temukan kilang minyak di dekat lokasi karhutla

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjend Doni Monardo (Antara Aceh/Khalis)

Sepanjang perjalanan menuju Desa Kerumutan, Doni menyaksikan langsung dua helikopter pembom air melakukan pemadaman pada sejumlah titik api dengan asap tebal,
Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo menemukan kilang minyak milik PT Pertamina tidak jauh dari lokasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Desa Kerumutan, Kabupaten Pelalawan, Riau.

"Ini sangat berbahaya karena ada sumur minyak yang bila tersambar api dapat menimbulkan kebakaran fatal," kata Doni Monardo melalui siaran pers dari Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB yang diterima di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Kebakaran lahan gambut di Penajam belum berhasil dipadamkan

Keberadaan kilang pompa minyak milik Pertamina itu hanya berjarak 40 meter dari sumber api. Doni dibantu aparat TNI/Polri, BNPB dan Manggala Agni yang ada di sekitar lokasi sumur minyak dan sumber api kemudian memadamkan api yang ada di Desa Kerumutan itu.

Baca juga: Mendikbud minta guru di daerah berasap tetap bimbing siswa belajar

Doni Monardo memantau langsung pemadaman kebakaran hutan dan lahan yang dilakukan di Riau pada Rabu. Doni beserta rombongan mendarat di lapangan Desa Kerumutan setelah terbang selama 1,5 jam menggunakan helikopter dari Bandara Sultan Syarif Kasim, Pekanbaru, Riau.

Sepanjang perjalanan menuju Desa Kerumutan, Doni menyaksikan langsung dua helikopter pembom air melakukan pemadaman pada sejumlah titik api dengan asap tebal.

Baca juga: Ribuan warga Riau shalat meminta hujan saat kabut asap makin parah

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

BNPB berikan bantuan ribuan bibit pohon

Komentar