Jakarta (ANTARA) - Persija Jakarta harus menyerah atas tim tuan rumah Persipura Jayapura dengan skor 0-2 dalam laga tunda pekan ke-11 kompetisi Shopee Liga 1 musim 2019 di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Kalimantan Timur, Rabu (11/9) malam.

Gol kemenangan Persipura dicetak Gunansar Mandowen di menit ke-65 dan melalui gol cantik dari Boaz Solossa pada menit ke-70.

Dalam pertandingan ini Persija langsung memainkan tiga pemain anyarnya, Joan Tomas, Xandao, dan Fachrudin yang baru didatangkan pada bursa transfer paruh musim.

Baca juga: Pemain Persija-Persipura heningkan cipta untuk BJ Habibie

Persija mendapat peluang pertamanya melalui Rezaldi Hehanusa pada menit ke-3, namun sepakannya masih bisa ditepis oleh kiper Dede Sulaiman.

Terjadi jual beli serangan pada babak pertama, Persija melalui Simic, Fachruddin, dan Riko Simanjuntak mengandalkan umpan-umpan terobosan langsung mengarah ke mulut gawang.

Di sisi lain, Persipura lebih bermain santai dan mengandalkan serangan balik melalui kecepatan kedua sayapnya. Boaz Solossa menjadi motor serangan ketika melakukan serangan balik.

Kokohnya lini pertahanan masing-masing tim, membuat para penyerang kedua tim sulit untuk menembus dan membahayakan gawang lawan. Hingga peluit babak pertama berakhir, skor kacamata tetap bertahan.

Baca juga: Macan Kemayoran waspadai kekompakan Persipura

Gol yang ditunggu-tunggu baru terjadi pada menit 65 melalui kaki Gunansar Mandowen yang baru masuk di babak kedua. Ia yang menusuk dari tengah mampu melepaskan sepakan keras yang tak mampu dihalau Shahar Ginanjar.

Menit ke-70 Boaz Solossa membawa tim Mutiara Hitam menggandakan keunggulan melalui gol indah. Boaz yang melihat posisi Shahar terlalu maju melepaskan sepakan cungkil yang tak mampu dijangkau kiper, 2-0 untuk keunggulan Persipura.

Meski telah unggul 2-0 Persipura tidak menurunkan intensitas serangan. Mereka terus mengurung lini pertahanan Persija Jakarta. Bahkan karena terus ditekan hingga garis pertahanan sendiri, para pemain Macan Kemayoran itu acapkali membuat kesalahan mendasar.

Selain itu pada babak kedua, Persija seolah tak memiliki opsi serangan lain. Bola-bola yang sudah masuk ke pertahanan Persipura selalu dikirimkan ke Marco Simic maupun Riko Simanjuntak. Strategi permainan itu tentu mudah bagi Persipura untuk memutus alur serangan.

Kehadiran Bambang Pamungkas juga tidak memberikan warna serangan baru di tubuh Macan Kemayoran. Pergerakannya dikawal ketat oleh para pemain belakang Persipura.

Hingga pertandingan berakhir, tak ada lagi gol yang tercipta dari masing-masing tim. Persija harus mengakui keunggulan Persipura 0-2.

Susunan Pemain

Persipura
Dede Sulaiman, Muhammad Tahir, Yohanes Tjoe, Israel Wamiau, Ricardo Salampessy, Andre Ribeiro, Ian Louis, Oh Inkyun, Samassa Mahamadou, Todd Ferre, Boaz Solossa.

Persija
Shahar Ginanjar, Maman Abdurahman, Tony Sucipto, Fachrudin, Dany Saputra, Rezaldi Hehanussa, Xandao, Sandi Sute, Riko Simanjuntak, Tomas Campasol, Marco Simic.

Baca juga: Bursa transfer Liga 1 Persib paling jor-joran, Persipura santai

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2019