Karena super cerdas, beliau juga ingin semuanya super cepat ..."
Jakarta (ANTARA) - Banyak orang yang langsung percaya ketika disebutkan bahwa BJ Habibie, tokoh pendiri Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) itu memiliki IQ tertinggi di dunia, tapi menurut wartawan senior Parni Hadi, pria yang kemudian jadi Presiden ketiga Indonesia itu tidak peduli dengan isu yang marak di media sosial tersebut.

"Saya pikir, beliau itu super cerdas atau genius, tapi ketika diberitakan ia memiliki IQ tertinggi di dunia, Mas Rudy tampak tidak peduli. Orang bilang apa saja terserah, yang jelas saya tidak pernah diukur IQ saya untuk itu," kata Parni Hadi di Jakarta, Rabu, ketika dimintai kenangannya bersama BJ Habibie.

Parni Hadi merupakan satu dari segelintir wartawan yang dekat dengan Habibie, tokoh terbaik Indonesia yang wafat Rabu sore. Parni terbiasa menyebut Habibie dengan Mas Rudy.

"Banyak sekali kenangan pribadi saya dengan almarhum Mas Rudy sejak kenal pada 1977 sebagai wartawan Antara. Beliau yang menugasi saya memimpin Republika 1993, memimpin LKBN Antara 1998," kata dia menjawab pertanyaan ANTARA.
Foto atas: Parni Hadi (kiri) dan Habibie. Foto bawah: Habibie (dua kiri) dan Parni Hadi (dua kanan). (koleksi pribadi)

Bagi Parni Hadi, Habibie adalah Bapak kebebasan pers Indonesia, Bapak Reformasi dan Bapak Demokrasi, di samping Bapak Teknologi Indonesia.

"Pers, reformasi, dan demokrasi adalah satu kesatuan," kata tokoh pers itu.

Habibie dikenang sebagai sangat peduli dan berdedikasi tinggi untuk siapkan SDM yang menguasai teknologi canggih. Tapi, kata Parni, Habibie lebih memilih orang yang berkarakter baik daripada orang pintar saja.

Sebagai insinyur kelas wahid dengan sejumlah hak paten produk hi-tech, Habibie di mata Parni merupakan orang yang sangat rasional, tidak berbelit-belit, to the point, dan demokratis.

Baca juga: Habibie wafat akan dimakamkan di TMP Kalibata


"Karena super cerdas, beliau juga ingin semuanya super cepat dan temperamennya tinggi, tapi hatinya gampang tersentuh dengan soal kemanusiaan dan karya seni yang bermutu tinggi dan multidimensional. Kalau tidak setuju, beliau langsung bilang. Kesannya keras, galak, tapi gampang memaafkan alias mudah lupa kalau sebelumnya ia mengesankan marah," kata mantan Pemimpin Umum LKBN ANTARA tersebut.

Kelahiran Dompet Dhuafa (DD), kata dia, tak bisa dipisahkan dengan hubungan dekat dirinya dengan Habibie.

"Ia menunjuk saya sebagai Pemred Republika. Sekitar enam bulan setelah Republika terbit, muncul gagasan di otak saya untuk dirikan DD," katanya.

Republika lahir karena Soeharto memberi izin kepada Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) yang dipimpin Habibie untuk mendirikan koran.

 "Habibie tunjuk saya untuk pimpin Republika dan dari rahim koran ini DD muncul, menasional, dan mengglobal untuk berbagi cinta kepada sesama," katanya.

Jadi, menurut dia, DD berutang budi kepada banyak orang, terutama para donator sejak sebelum kelahirannya 2 juli 1993.  Bahkan, saat DD menerima anugerah Ramon Magsasay di Kota Manila, Filipina, pada 2016.

"Selamat jalan Mas Rudy, you are my mentor, senior brother and fasilitator, auf wiedersehen. Dein Parni," kata Parni Hadi.

Baca juga: BJ Habibie dan pers dikalbui cinta

Pewarta: Sapto HP
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019