counter

Dubes Rusia: BJ Habibie tokoh yang sangat dikenal di Rusia

Dubes Rusia: BJ Habibie tokoh yang sangat dikenal di Rusia

Sejumlah prajurit Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mengangkat peti jenazah dari almarhum Presiden ke-3 RI, BJ Habibie menuju mobil ambulans di Rumah Jenazah Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/10/2019). BJ Habibie meninggal dunia setelah menjalani perawatan di RSPAD. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.

Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Federasi Rusia untuk Republik Indonesia, Lyudmila Vorobieva, mengungkapkan perasaan duka cita atas berpulangnya Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie pada Rabu petang pukul 18.05 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta.

"Saya ingin menyampaikan rasa duka cita yang mendalam kepada keluarga Bapak Habibie, dan juga rakyat Indonesia atas kepergian beliau," ucap Lyudmila di Jakarta, Rabu.

Lyudmila menyebut bahwa BJ Habibie adalah tokoh Indonesia yang sangat dikenal di Rusia.

"Kami mengenal beliau sebagai kawan masyarakat di negara kami, karena itu kami amat bersimpati kepada keluarga dan masyarakat Indonesia. Ini adalah kehilangan yang besar," kata dia menambahkan.

Selain perasaan duka cita, Lyudmila juga mempunyai kesan pribadi terhadap tokoh negarawan yang wafat dalam usia ke-83 tahun itu.

"Saya hanya pernah bertemu satu kali dengan Bapak Habibie, namun sudah meninggalkan kesan bahwa beliau adalah seorang yang sangat bijaksana dan toleran, serta menunjukkan dirinya adalah orang yang hebat dalam segala aspek," ungkap Lyudmila.

Menurut rencana,  jenazah BJ Habibie akan dimakamkan di sebelah makam sang istri, Ainun Habibie, di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, pada Kamis (12/9).

Baca juga: Habibie wafat - Anies: Habibie inspirasi jutaan rumah tangga Indonesia
Baca juga: Habibie wafat, teladani Habibienomics untuk industrialisasi nasional
Baca juga: Habibie wafat - Syafi'i Ma'arif terkenang cerita tentang Ainun

Pewarta: Suwanti
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pemerintah tanggung biaya perawatan kesehatan BJ Habibie

Komentar