counter

Piala Dunia FIBA

Australia mulus lewati hadangan Ceko menuju semifinal

Australia mulus lewati hadangan Ceko menuju semifinal

Pebasket tim nasional Australia Andrew Bogut (kanan) berusaha menjaga penguasaan bola di bawah kawalan pemain Republik Ceko Blake Schilb dalam laga perempat final Piala Dunia FIBA 2019 di Shanghai, China, Rabu (11/9/2019). (ANTARA/AFP/Wang Zhao)

Jakarta (ANTARA) - Australia melaju mulus melewati hadangan Republik Ceko untuk menuju babak semifinal Piala Dunia FIBA 2019 seusai menang 82-70 dalam laga perempat final di Shanghai, China, Rabu.

Hasil itu sekaligus menjadi torehan rekor pencapaian terbaik Australia di ajang Piala Dunia FIBA, setelah dalam 11 kali penampilan sebelumnya mereka hanya bisa menempatkan diri di urutan kelima pada edisi 1982 dan 1994.

Baca juga: Australia belajar banyak dari Team USA

Sebaliknya, kendati kalah babak perempat final merupakan capaian positif bagi Ceko yang melakoni debut di Piala Dunia FIBA. Mereka sebelumnya pernah tampil empat kali di bawah panji Cekoslowakia hingga 1992 dengan capaian terbaik peringkat keenam edisi 1970.

Sementara Australia bakal menghadapi lawan kuat yang sama-sama belum terkalahkan, Spanyol, dalam semifinal di Beijing, Jumat (13/9), Ceko bakal bertemu dengan Polandia dalam rangkaian fase pemeringkatan 5-8 sehari sebelumnya di Shanghai, demikian catatan laman resmi FIBA.

Baca juga: Spanyol sudahi langkah bersejarah Polandia di perempat final

Sektor tripoin jadi andalan Australia untuk mendulang angka dalam kemenangan atas Ceko, yang meski secara akurasi sedikit kalah namun agresivitas di sektor itu jadi pembeda. Mereka melepaskan 30 percobaan tripoin dan 11 di antaranya menjadi angka, sedangkan Ceko hanya 17 kali mencoba dan mengkonversi tujuh di antaranya.

Ceko sempat beberapa kali memegang keunggulan pada kuarter pertama dan kedua, namun menutup paruh pertama pertandingan dalam keadaan tertinggal 30-33 dari Australia.

Pada awal kuarter ketiga, Ceko juga sempat memimpin 34-33, namun itu jadi kali terakhir keunggulan mereka miliki. Australia tampil hampir sempurna sejak itu melesakkan 30 poin tambahan yang separuhnya dihasilkan lima tembakan tripoin.

Australia bahkan sempat memimpin hingga 17 poin jauhnya kala Chris Goulding melesakkan tripoin pada sisa waktu 10 detik mengubah kedudukan 63-46, namun kuarter ketiga berakhir dalam kedudukan 48-63 menyusul dunk Tomas Satoransky.

Semenjak itu Australia melesat tanpa mampu dikejar Ceko. Sebuah step back jump shot dari Patty Mills pada sisa waktu 19 detik memastikan Australia menutup laga dengan kemenangan meyakinkan 82-70 atas Ceko.

Baca juga: Pelatih Yunani akui Ceko pantas melaju ke perempat final

Patty Mills kembali jadi bintang kemenangan Australia lewat 26 poin dan enam assist, diikuti 14 poin milik Chris Goulding dan 10 poin yang dicetak Andrew Bogut.

Bagi Ceko, Satoransky kembali jadi tulang punggung lewat catatan dwiganda 13 poin dan 13 assist disertai sembilan rebound.

Patrik Auda juga turut menyumbang 21 poin dan Pavel Pumprla 10 poin, namun tak cukup menghasilkan kemenangan bersejarah bagi Ceko.

Baca juga: Prancis pupus mimpi juara triruntun Amerika, menangi perempat final

Baca juga: Bermodal keyakinan dan keberanian, Argentina taklukkan Serbia

Baca juga: Rubio pecahkan rekor assist saat antar Spanyol tundukkan Polandia

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar