Serang (ANTARA) - Duta Besar (Dubes) Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Isham Ahmad Ats-Saqofi menemui Ketua sementara DPRD Banten Andra Soni membahas rencana kerja sama di sejumlah bidang.

"Kerajaan Arab Saudi menawarkan sejumlah kerja sama, yakni investasi, pertukaran pelajar, dan kebudayaan," kata Andra Soni usai pertemuan dengan Isham di ruang rapat Sekretariat DPRD Banten, di Serang, Rabu.

Baca juga: DPRD Banten minta gubernur atasi pengangguran dan kemiskinan

Andra Soni didampingi anggota Fraksi Partai Gerindra Anda Suhanda dan Sekretaris DPRD Banten Deni Hermawan mengatakan kunjungan tersebut tidak terdaftar dalam agenda kegiatan, namun pihaknya menyambut baik dan mengapresiasi atas kunjungan Duta Besar Kerajaan Arab Saudi tersebut.

"Kami senang sekali, tentu kami menerima dengan terbuka dan banyak diskusi tadi terkait dengan perkembangan Islam di Banten, serta situs Islam di Banten. kita juga ceritakan tentang Banten Lama dan sayang waktunya sangat terbatas sehingga mungkin pada waktu yang akan datang akan kembali menyempatkan datang ke tempat-tempat wisata yang ada di Provinsi Banten," kata Andra.

Baca juga: Sembilan fraksi DPRD Banten 2019-2024 ditetapkan

Ia menjelaskan, secara kelembagaan pihaknya terbuka untuk peluang kerja sama investasi yang ditawarkan oleh Duta Besar Kerajaan Arab Saudi. Pihak Duta Besar akan menyampaikan kepada kamar dagang di negaranya untuk melakukan kajian terhadap peluang usaha di Provinsi Banten.

"Mereka berjanji akan menyampaikan kepada kamar dagang di negaranya untuk melakukan sebuah kajian dan terhadap peluang usaha di Provinsi Banten. Sebagai representasi dari Banten kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada mereka yang tanpa terjadwal dan kondisi terbatas kami mendapatkan kunjungan, dengan semangat persahabatan mereka juga bertanya banyak tentang kira-kira apa yang bisa mereka dukung untuk Banten khususnya dengan pemerintahan Arab Saudi," kata Andra.

"Mudah-mudahan kunjungan yang mendadak tadi bermanfaat, karena tadi mereka tersendiri yang berkunjung ke kita harapannya tentu kunjungan tadi bermanfaat untuk kita semua," katanya.

Sementara itu, anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Banten yang sekaligus menjadi penerjemah, Anda Suhanda, mengakui sebelum mendatangi kantor dewan, mereka telah menghubungi pihak pemprov. Akan tetapi karena kegiatan Gubernur Banten Wahidin Halim, maka rencana kedatangan rombongan Dubes Arab Saudi tidak dapat diterima.

"Betul, mereka, tadinya mau ketemu gubernur, karena belum terjadwal tidak bisa," katanya.

Anda Suhanda menambahkan, bahwa Duta Besar Kerajaan Arab Saudi akan mendorong pengusaha Arab Saudi untuk mengkaji peluang-peluang kerja sama dengan Provinsi Banten di bidang industri, pariwisata, dan pendidikan.

"Jadi mereka akan mendorong pengusaha Arab Saudi untuk mengkaji peluang-peluang terkait industri, pariwisata, dan pendidikan. Mereka juga akan memberikan referensi kepada para donatur di luar kelembagaan yang mencari tempat untuk membangun masjid serta gedung pendidikan Islam. Referensi di Provinsi Banten tentu kita akan 'support'," katanya.

Pewarta: Mulyana
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2019