counter

ACT-Bikers Brotherhood bantu warga terdampak gempa Lombok

ACT-Bikers Brotherhood bantu warga terdampak gempa Lombok

Ilustrasi - Sejumlah relawan ACT bangun sumur wakaf di Dusun Grogol, Kabupaten Gunungkidul (Humas)

Tidak hanya yang ada di Indonesia, tetapi juga akan melibatkan chapter dari Amerika, Malaysia, Singapura serta semua klub-klub motor lainnya. Diperkirakan 500 anggota hingga 1.000 anggota akan hadir
Jakarta (ANTARA) - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Jawa Barat bekerja sama dengan Bikers Brotherhood MC Indonesia akan membantu warga terdampak gempa di Lombok sebagai bagian dari gerakan #IndonesiaDermawan dan ulang tahun ke-31 Bikers Brotherhood MC Indonesia.

"Dalam kolaborasi kemanusiaan ini kami menawarkan program solutif jangka panjang, yaitu membangun sumur wakaf," kata Manajer Cabang ACT Jawa Barat Renno I Mahmoeddin pada keterangannya yang diterima di Jakarta, Rabu.

Renno mengatakan musim kemarau telah menyebabkan beberapa wilayah Indonesia kekeringan selama lima bulan terakhir, termasuk di wilayah yang terdampak gempa Lombok setahun sebelumnya.

Sumur wakaf kolaborasi ACT Jawa Barat dan Bikers Brotherhood MC Indonesia akan dibangun di Dusun Ende, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

"Saat musim kemarau, sumur di Ende kering. Hal itu diperparah dengan instalasi pipa air yang belum tersambung hingga tidak bisa digunakan," tuturnya.

Baca juga: ACT bersama BBMC akan bangun sumur atasi kekurangan air di Lombok

Baca juga: ACT bangun sumur wakaf di Gunungkidul


Akibatnya untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga Dusun Ende harus mengeluarkan biaya hingga Rp60.000 untuk membeli air.

Ketua Umum Bikers Brotherhood MC Indonesia Jhoni Achmad Zakaria mengatakan ribuan anggotanya akan berkumpul di Senggigi, Lombok, dalam rangka ulang tahun ke-31.

"Tidak hanya yang ada di Indonesia, tetapi juga akan melibatkan chapter dari Amerika, Malaysia, Singapura serta semua klub-klub motor lainnya. Diperkirakan 500 anggota hingga 1.000 anggota akan hadir," tuturnya.

Jhoni mengatakan bermotor adalah hobi anggota Biker Brotherhood MC Indonesia, yang artinya adalah cara untuk bersenang-senang. Jhony berharap Biker Brotherhood MC Indonesia dalam kolaborasi dengan ACT dapat membuat masyarakat yang didatangi juga merasa senang.*

Baca juga: ACT DIY bangun sumur wakaf di Gunung Kidul

Baca juga: ACT aktivasi sumur wakaf solusi jangka panjang kekeringan

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

BNPB targetkan validasi data korban rampung Oktober

Komentar