Jakarta (ANTARA) - Menjelang prosesi pemakaman Presiden ketiga RI BJ Habibie, sejumlah warga umum sudah mendatangi Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Timur, Kamis.

Sekitar pukul 10.26 WIB lokasi pemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata telah didatangi warga dari sejumlah wilayah yang ada di Jakarta dan sekitarnya.

Mereka tampak berdiri berjejer di seberang TMP Kalibata yang diberi kawat berduri. Ada juga beberapa warga yang berani mendekat ke area TMP untuk sekedar mengabadikan foto dan melihat-lihat suasana.

Baca juga: Papua Terkini-Masyarakat Pulau Doom berduka atas wafatnya BJ Habibie

Warga umum ini datang mengenakan pakaian seperti masyarakat biasa, ada yang berpakaian serba putih, hitam dan pakaian harian lainnya.

Mereka datang dari berbagai wilayah ada yang dari Jakarta, Bekasi, hingga Bogor.

Baca juga: Prestasi BJ Habibie - Pendiri MAN IC sekolah padukan agama-teknologi

Sugiat (67) salah satunya, warga asal Bogor yang sengaja datang hanya untuk menyaksikan pemakaman BJ Habibie yang akan berlangsung setelah Shalat Dzuhur nanti.

Sugiat datang menaiki kereta api dari Bogor pukul 09.00 WIB, untuk pertama kalinya datang untuk menyaksikan pemakaman tokoh nasional.

"Ya saya kagum saja dengan Pak BJ Habibie makanya saya datang kemari sebagai penghormatan," kata pria yang berprofesi sebagai penjual aksesoris ini.

Baca juga: Prestasi BJ Habibie - Pengamat: mampu tahan krisis tidak lebih dalam

Saat ditanyakan apakah dirinya mengenal BJ Habibie, dengan lantang Sugiat mengatakan kenal sebagai presiden. Dan hal yang paling diingat tentang Habibie adalah orang yang membuat pesawat.

"Ya kenal lah, dia kan presiden aku. Orang yang buat pesawat terbang," kata Sugiat.

Warga lainnya Supardi (52) dari Pasar Rebo Jakarta Timur datang menggunakan sepeda motor.

Supardi juga sama-sama berniat datang untuk bisa menyaksikan pemakaman Presiden ketiga BJ Habibie.

"Saya tadinya mau masuk ke dalam ikut lihat prosesi pemakaman, tapi katanya enggak boleh masuk kalau pakai sandal," kata Supardi.

Supardi mengaku datang juga untuk mendoakan almarhum BJ Habibie agar di tempatkan di Surga.

"Saya cuma mau kirim doa," kata Supardi.

Sementara itu suasana di TMP Kalibata mulai dipadati warga dan pelayat. Sejumlah tamu juga berdatangan baik keluarga, kerabat, diplomat hingga tamu warga biasa lainnya.

Sejumlah anggota TNI juga bersiap dan melakukan gladi upacara pemakaman, begitu juga anggota Polri mengatur jalannya arus lalu lintas kendaraan bermotor di depan TMP Kalibata.

​​​​​BJ Habibie wafat setelah menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Soebroto pada Rabu (11/9) menghembuskan nafas terakhir pada pukul 18.05 WIB diusianya ke 83 tahun.

Habibie akan dimakamkan usai Shalat Dzuhur di TMP Kalibata bersebelahan dengan makan kekasih hatinya Hasri Ainun Habibie.
 

Habibie wafat, Presiden Jokowi datangi rumah duka

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019