Habibie wafat - Menag bacakan doa pemakaman

Habibie wafat - Menag bacakan doa pemakaman

Presiden Joko Widodo (kanan) selaku Inspektur Upacara meletakkan karangan bunga di makam Presiden ke-3 RI BJ Habibie saat upacara pemakaman di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9/2019). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc.

masukkanlah ia ke dalam kelompok hamba-hamba-Mu yang berhak menikmati surga
Jakarta (ANTARA) - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin membacakan doa pada pemakaman Presiden ke-3 RI BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta, Kamis.

"Hari ini, salah satu pahlawan dan kusuma bangsa terbaik kami, Presiden ke-3 RI yang kami kasihi, Bapak Bacharuddin Jusuf Habibie berpulang ke pangkuan-Mu menuju alam abadi," kata Menag Lukman sebagaimana siaran pers yang diterima.

Adapun proses pemakaman Habibie berlangsung secara militer yang dimulai tepat pukul 13.45 WIB. Presiden RI Joko Widodo hadir sebagai inspektur upacara.

Lukman mendoakan agar Allah mengampuni semua kesalahan almarhum Habibie.

Baca juga: BJ Habibie wafat - Warga mulai padati TMP Kalibata


"Ya Allah, Tuhan Maha Segala. Ampunilah segala khilaf dan dosanya. Lipat gandakanlah pahala atas keikhlasan pengabdian dan pengorbanannya. Dan masukkanlah ia ke dalam kelompok hamba-hamba-Mu yang berhak menikmati surga," kata dia.

Pemakaman BJ Habibie dihadiri ribuan masyarakat yang memadati areal Taman Makam Pahlawan Kalibata. Mereka hadir untuk menunjukkan rasa duka sekaligus kecintaannya pada sosok yang dikenal intelek sekaligus religius itu.

"Bapak Habibie yang kami sayangi, selamat jalan menuju surga sebagai tempat kembali. Semoga teladan dan arahan Bapak dapat kami ikuti. Semoga ilmu dan kearifan yang Bapak ajarkan terus memandu kami," katanya.


Baca juga: Habibie, Presiden RI pertama yang dimakamkan di TMP Kalibata Jaksel
 

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Masyarakat berziarah ke makam Habibie

Komentar