Makassar (ANTARA) -
Suasana Perpustakaan BJ Habibie PNUP terlihat ramai dikunjungi mahasiswa di Makassar, Kamis,(12/9/2019).ANTARA/HO/Media PNUP
Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) menjadikan BJ Habibie sebagai nama perpustakaan sebagai salah satu wujud penghormatan dan penghargaan atas ketokohan yang telah mempersembahkan karya gemilang dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikenal hingga pentas internasional.

"Inspirasi lainnya adalah sebagai usaha untuk menumbuhkan semangat intelektual generasi muda dengan meneladani kepribadian BJ Habibie yang tak kenal lelah untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi," kata Kepala UPT Perpustakaan BJ Habibie PNUP Salmubi SS MIM di Makassar, Kamis.

Ia mengatakan kesedihan mendalam dirasakan oleh segenap sivitas akademika dan tenaga kependidikan Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) yang telah mengabadikan namanya menjadi nama perpustakaan di PNUP sejak 20 Mei 2007.

Salmubi menjelaskan, di perpustakaan yang dipimpinnya sudah lama tersedia Habibie Corner yang menyediakan berbagai sumber informasi tentang Presiden ke-3 Indonesia itu termasuk koleksi 80 buku khusus tentang B J Habibie.

Dan setelah kepergian BJ Habibie, ruang Habibie Corner di perpustakaan PNUP akan berfungsi sebagai museum mini yang menyediakan dokumen, foto, dan benda-benda lain yang bernilai sejarah yang berhubungan dengan sosok almarhum BJ Habibie.

Sebagai tanda duka atas wafatnya Presiden BJ Habibie, para mahasiswa yang datang ke perpustakaan BJ Habibie,pada hari ini dipasangkan pita hitam di lengan kanan. Mereka memakainya selama berada di dalam perpustakaan. Selain itu dilaksanakan juga shalat gaib di Masjid Ulil Al Baab PNUP.

Saat ini, menurut dia, koleksi buku di perpustakaan BJ Habibie PNUP selalu dilakukan pemutakhiran yang relevan dengan program pendidikan dan pengajaran di PNUP dengan tetap berorientasi pada kebutuhan para pengguna.

Sistem layanan perpustakaan BJ Habibie PNUP antara lain berupa layanan penyediaan sumber-sumber informasi, layanan peminjaman koleksi, menyediakan layanan internet dan layanan lainnya.

Sebagai jawaban atas perkembangan teknologi informasi, perpustakaan BJ Habibie PNUP telah merintis dan mengembangkan layanan perpustakaan berbasis teknologi informasi melalui penyediaan sumber informasi yang mutakhir dalam format yang beragam dan penyediaan infrastruktur teknologi untuk akses informasi secara cepat.

Baca juga: Darius Sinathrya sebut Habibie sebagai inspirasi dan motivasi bangsa

Baca juga: Habibie Wafat - BJ Habibie tokoh pembaruan

Baca juga: BJ Habibie wafat - Emil Dardak idolakan sosok Habibie sejak kecil

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019