counter

KSOP: 360 orang ikut catat rekor MURI di Kepulauan Seribu

KSOP: 360 orang ikut catat rekor MURI di Kepulauan Seribu

KSOP Kepulauan Seribu mencatat sebanyak 360 orang ikut dalam gerakan serentak membersihkan laut dan pantai memperingati Hari Perhubungan Nasional tahun 2019 di Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kamis (12/9/2019) (ANTARA/FAUZI LAMBOKA)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kepulauan Seribu Herbert mencatat sebanyak 360 orang ikut dalam gerakan serentak membersihkan laut dan pantai memperingati Hari Perhubungan Nasional tahun 2019 di Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kamis.

"Kegiatan ini dilakukan serentak di 260 pelabuhan seluruh Indonesia," kata Herbert.

Baca juga: Wabup Kepulauan Seribu pimpin gerakan bersih laut dan pantai

Baca juga: Pemkab Kepulauan Seribu gandeng KPA tanggulangi HIV/AIDS

Baca juga: Nelayan Kepulauan Seribu ikuti sosialisasi keamanan melaut


Dia menjelaskan gerakan itu dipusatkan di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta yang dihadiri Menteri Perhubungan Indonesia Budi Karya Sumadi.

Khusus di Kepulauan Seribu, gerakan itu dipusatkan di Pelabuhan Untung Jawa dengan melibatkan berbagai elemen diantaranya instansi di Kepulauan Seribu, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) dan mitra kerjanya hingga Pekerja Sarana dan Prasarana Umum (PPSU).

Wakil Bupati Kepulauan Seribu Provinsi DKI Jakarta Junaedi ikut menjadi peserta dalam gerakan tersebut.

Untuk DKI Jakarta, sejumlah pelabuhan yang melaksanakan gerakan itu yakni Pelabuhan Sunda Kelapa, Tanjung Priok, Pelabuhan Marunda dan Pelabuhan Kaliadem

"Untuk gerakan masif seperti ini, belum pernah diadakan sebelumnya," kata Herbert.

Namun kata dia, program bersih laut dan pantai merupakan program rutin, dimana masing-masing pelabuhan punya jadwal untuk melakukan gerakan bersih pelabuhan.

"Kita berkeinginan kegiatan ini jangan sesaat, tetapi berkelanjutan agar laut dan pantai kita bisa menjadi bersih untuk tujuan nol sampah," harap Wabup Kepulauan Seribu, Junaedi.
 

Pewarta: Fauzi
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pengembang Pulau Pari minta penggarap illegal hengkang

Komentar