Info Haji

18 jamaah haji Embarkasi Banjarmasin wafat

18 jamaah haji Embarkasi Banjarmasin wafat

Petugas mendorong calon haji lanjut usia atau lansia menggunakan kursi roda di Asrama haji Embarkasi Banjarmasin, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Senin (8/7/2019). ANTARA/Bayu Pratama S

Banjarmasin (ANTARA) - Hingga kedatangan kloter 16 jamaah haji Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan tercatat  18 jamaah haji yang wafat.

Menurut Kabid Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan H Matnor di Banjarmasin, Kamis kabar duka baru saja diterima pihaknya dari Kota Madinah, Arab Saudi, kembali ada satu jamaah haji daerah Kalsel yang wafat.

Diungkapkan dia, jamaah haji yang dikabarkan telah wafat itu bernama H Zainal Aqli Tukacil (73) asal Barito Kuala, Kalsel dari kloter 12 Embarkasi Banjarmasin.
Baca juga: Terus bertambah jamaah haji Debarkasi Banjarmasin yang wafat

Almarhum, kata dia, wafat di RSAS Ohud Madinah pada 12 September 2019 sekitar pukul 03:00 Waktu Arab Saudi (WAB).

"Almarhum dinyatakan wafat karena sakit gangguan pernafasan akut," ungkapnya.

Dengan kabar duka wafatnya H Zainal Aqli Tukacil ini, maka jumlah jamaah haji Embarkasi Banjarmasin yang wafat total sebanyak 18 orang.

"Jadi jamaah haji Embarkasi Banjarmasin yang wafat itu sebanyak 10 orang dari Provinsi Kalimantan Selatan, sisanya sebanyak 8 orang dari provinsi Kalimantan Tengah," tuturnya.
Baca juga: Jamaah haji Kalsel yang sudah pulang hampir mencapai 2.000

Dikatakan Matnor, bahwa jumlah jamaah haji Embarkasi Banjarmasin yang sudah datang sekitar 5.162 orang, karena masih ada tiga kloter lagi di Madinah, Arab Saudi.

"Rencananya kloter 17 dari Kabupaten Tanah Laut dan Kita Banjarmasin ini akan datang dinihari Jumat (13/9) atau sekitar pukul 00.15 WITA," ujarnya.

Matnor mengungkapkan, kloter ke-19 atau kloter akhir jamaah haji Embarkasi Banjarmasin akan datang pada 15 September 2019.

"Kita belum ada mendapatkan kabar lagi kalau ada jamaah yang di rawat di RS Arab Saudi, artinya semua baik-baik saja yang masih ada di sana," katanya.
Baca juga: Jamaah haji tertua Banjarmasin wafat

Pewarta: Sukarli
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar