counter

Laporan dari London

21 perusahaan Indonesia cari peluang bisnis di Yunani

21 perusahaan Indonesia cari peluang bisnis di Yunani

Arsip - Paviliun Indonesia dalam Pameran Posidonia 2018 di Athena, Yunani. ANTARA/Twitter.com/kbri_athena

Indonesia merupakan negara yang terjauh yang mengikuti kegiatan TIF ini
London (ANTARA) - Sebanyak 21 perusahaan, yang bergerak di bidang industri mebel, makanan dan minuman, termasuk kopi dan perhiasan mencari peluang bisnis dalam pameran internasional Thessaloniki International Fair (TIF) ke 84, yang berlangsung di Athena dari 7 sampai 15 September mendatang.

Pensosbud KBRI Athena Kristina Natalia kepada Antara London, Kamis mengatakan Indonesia menjadi salah satu peserta pameran TIF yang merupakan ajang pameran tahunan terbesar di Yunani dan bahkan di seluruh kawasan Balkan, yang telah berlangsung sejak 1926.

Dikatakannya, keikutsertaan Indonesia kali ini cukup istimewa, karena pada 2019,  Indonesia dapat menghadirkan sebanyak 21 perusahaan dengan menempati area seluas 117 m2 di tengah-tengah paviliun 5 TIF, yang dibagi dalam enam stan.

Duta Besar RI untuk Yunani Ferry Adamhar mengatakan luasnya stan Indonesia dalam TIF kali ini tidak terlepas dari meningkatnya perdagangan RI-Yunani dalam tiga tahun terakhir yang mencapai 300 juta dolar pada 2018.

Peningkatan ini bagian dari visi menjadikan Yunani sebagai pintu masuk alternatif bagi produk Indonesia ke Eropa, terutama kawasan Laut Tengah, Eropa Timur, dan Balkan, ujarnya.

Diharapkan keikutsertaan Indonesia dalam TIF kali ini dapat menjadi pemicu bagi perusahaan Indonesia untuk meningkatkan bisnis dengan Yunani dan meningkatkan ekspor ke Eropa melalui Yunani.

Pada saat ini Yunani telah dan akan menoleh ke Asia. Hal tersebut dibuktikan dengan hadirnya India sebagai peserta atau negara kehormatan dalam TIF ke-84 ini.

PM Mitsotakis dalam sambutannya pada pembukaan TIF menggarisbawahi pentingnya meningkatkan kerja sama dengan India sebagai salah satu negara dengan potensi ekonomi terbesar dunia di berbagai sektor, seperti teknologi.

"Indonesia merupakan negara yang terjauh yang mengikuti kegiatan TIF ini, diharapkan keikutsertaan Indonesia semakin meningkatkan hubungan perdagangan Indonesia dan Yunani," demikian Dubes Ferry Adamhar.

Baca juga: Indonesia dan Yunani perkuat kerjasama ekonomi
Baca juga: Gamelan iringi lagu Yunani pada Malam Budaya Indonesia di Athena
Baca juga: Keikutsertaan Indonesia di Posidonia berikan dampak positif


Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pembalap Yunani juara etape 3 Tour de Indonesia

Komentar