counter

Balap Sepeda

Higuita juara etape 18, Roglic perkuat posisi di puncak klasemen

Higuita juara etape 18, Roglic perkuat posisi di puncak klasemen

Pebalap sepeda menjalani etape 18 Vuelta a Espana (lavuelta.es)

Jakarta (ANTARA) - Pebalap sepeda asal Kolombia Sergio Higuita meraih kemenangan pertama di karir profesionalnya usai menjuarai etape 18 Vuelta a Espana, Kamis sementara Primoz Roglic asal Slovenia mengokohkan posisinya di puncak klasemen umum dengan unggul dua menit 50 detik.

Higuita (22), berada dalam kelompok yang melakukan breakaway bersama lima pebalap lain di awal namun berkat kecakapannya sebagai spesialis time trial, dia melesat sendiri di turunan dengan 46km tersisa dari etape berjarak total 177,5km di daerah pegunungan dari Colmenar Viejo ke Becerril de la Sierra, demikian Reuters.

Roglic memperpendek jaraknya dengan Higuita namun pesaing dari Kolombia itu menguasai turunan final dan melintasi garis finis 15 detik di depan Roglic.

Roglic mengalahkan Alejandro Valverde di kategori sprint untuk finis runner-up di etape. Sementara sang rival asal Spanyol naik ke peringkat dua klasemen mengungguli Nairo Quintana, yang kewalahan di etape pegunungan hari itu setelah sebelumnya tampil mengesankan di etape yang menempuh rute datar.

Quintana memanfaatkan etape yang berangin pada Rabu untuk memotong jarak dengan Roglic menjadi dua menit 25 detik dan memberinya peluang untuk mengulangi kejayaannya pada Vuelta 2016.

Namun, pebalap Kolombia itu tak mampu menahan laju rival-rival utamanya dan finis kedelapan, satu menit satu detik di belakang Roglic dan Valverde.

Quintana sekarang terpaut tiga menit 31 detik dari Roglic di klasemen umum dan 41 detik di belakang Valverde.

Roglic akan memiliki peluang besar menjaga jaraknya dari Valverde pada etape 19 besok yang akan menempuh jalur datar sepanjang 165,2km dari Avila ke Toledo.

Sementara satu etape pegunungan tersisa pada Sabtu sebelum seri balapan tahun ini ditutup etape terakhir dengan finis di Madrid, Minggu.

Baca juga: Gilbert juarai etape 17, Quintana perbaiki posisinya di klasemen umum

Baca juga: Philippe Gilbert juarai etape ke-12 Vuelta a Espana

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Ajang balap sepeda dan promosi wisata Indonesia

Komentar