diharapkan pemerintah pusat untuk program Sail Nias adalah apa yang didapat setelahnya, bagaimana event Sail dapat memberikan dampak ekonomi.
Nias Selatan (ANTARA) - Sail Nias 2019 yang merupakan penyelenggaraan program Sail Indonesia ke-11 dinilai memberikan banyak manfaat terutama peningkatan jumlah wisatawan dan pertumbuhan ekonomi di Nias, Sumatera Utara.

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Septriana Tangkary di Teluk Dalam, Jumat, mengatakan program Sail Indonesia, termasuk Sail Nias yang sedang berlangsung bukan sebatas event tahunan, namun sangat berdampak pada masyarakat.

"Yang diharapkan pemerintah pusat untuk program Sail Nias adalah apa yang didapat setelahnya, bagaimana event Sail dapat memberikan dampak ekonomi," katanya.

Ia mengatakan dengan penyelenggaraan Sail Nias 2019 ini, berbagai infrastruktur pariwisata dan infrastruktur pendukung di Nias dibangun yang tentunya pembangunan tersebut berdampak pula pada peningkatan perekonomian setempat serta perkembangan pariwisata dan budayanya.

Baca juga: Nias Selatan jadikan selancar internasional agenda rutin tahunan

Program Sail Indonesia tidak hanya melibatkan satu atau dua Kementerian, tetapi berbagai kementerian/lembaga dari semua sektor terkait. Untuk Sail Nias sendiri, pemerintah juga fokus dalam pembangunan infrastruktur untuk mendorong sektor lain.

Kementerian Kominfo, lanjut dia, menjalankan tugas sebagai Government Public Relations (GPR) untuk menyampaikan informasi terkait kebijakan, program, dan capaian pemerintah kepada masyarakat luas. Tugas ini meliputi diseminasi informasi dan publikasi program Sail Nias 2019.

"Kominfo ditunjuk untuk menyiapkan media center, serta mempublikasikan dan mempromosikan kegiatan Sail Nias 2019. Harapan kami program ini bisa meningkatkan pariwisata Nias dan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat," katanya.
Baca juga: Pengunjung Festival Kopi Nusantara Sail Nias membludak

Pewarta: Juraidi
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019