Jakarta (ANTARA) - Eddie Money, rocker Amerika yang dikenal lewat serangkaian lagu hits di tahun 1970-an dan 1980-an seperti "Take Me Home Tonight," telah meninggal dunia pada usia 70 tahun, kata laman hiburan Variety, Jumat (13/9), mengutip pernyataan keluarga.

Money - yang lagu hitsnya meliputi "Two Tickets to Paradise" dan "Baby Hold On" - berada dalam kondisi kesehatan yang buruk beberapa tahun terakhir. Pada Agustus lalu terungkap dia berjuang melawan kanker esofagus stadium empat.

"Keluarga Money dengan duka cita mengumumkan bahwa Eddie meninggal dunia secara damai pagi ini," tulis pernyataan itu.

"Dengan berat hati kami mengucapkan selamat tinggal kepada ayah dan suami kami yang tercinta. Kami tak bisa membayangkan bagaimana dunia tanpa dirinya. Kami bersyukur dia akan abadi lewat musiknya."

Dilansir AFP, musisi yang lahir dengan nama Edward Joseph Mahoney di Brooklyn pada 21 Maret 1949, menjadi penampil rutin di klub-klub di Bay Area California, dan menemukan kesuksesan dengan video musik jenaka pada masa-masa awal MTV.

Dalam beberapa tahun terakhir, sebuah acara TV realitas tentang Money dan keluarganya, yang ditayangkan di TV kabel AXS dan jaringan satelit, menjelaskan perjuangan kesehatannya.

Pada 2001, ia mengikuti program 12 langkah untuk mengatasi kebiasaan minum-minum, dengan mengatakan ia menyadari bahwa ia tidak memerlukan alkohol "agar cerdik."

Sebelum didiagnosis kanker, Money telah merencanakan album studio baru yang akan menjadi album ke-12. Sang musisi membatalkan tur musim panas 2019-nya untuk fokus pada kesehatannya.

Baca juga: Rocker Tom Petty meninggal dunia

Baca juga: Lou Reed merasa lebih kuat setelah cangkok hati

Baca juga: Putri Kurt Cobain luncurkan lini busana "Kurt Was Here"

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019