counter

Rumah Bersama Relawan bantu pulihkan pendidikan Sigi pascalikuefaksi

Rumah Bersama Relawan bantu pulihkan pendidikan Sigi pascalikuefaksi

Rumah Bersama Relawan membangunkan tiga ruang kelas belajar permanen SMK Analisis Kesehatan di Desa Lolu Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi. ANTARA/Muhammad Hajiji.

Palu (ANTARA) - Sejumlah instituti, kalangan dunia usaha, akademisi, lembaga swadaya masyarakat yang tergabung dalam Rumah Bersama Relawan melakukan kerja kolaboratif untuk membantu memulihkan pendidikan di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, pascalikuefaksi menghantam wilayah itu.

"Rumah Bersama Relawan, sebagai organ kelembagaan dalam menghimpun institusi/organisasi atau para pihak yang berkomitmen melakukan kerja-kerja kolaborasi, baik dari kalangan pemerintah, perguruan tinggi, kalangan usaha yang selama ini bermarkas di Kantor Komnas HAM Perwakilan Sulteng, mendedikasikan sumber daya yang dimiliki, untuk berpartisipasi dalam melakukan kerja-kerja kemanusiaan di Kota Palu, Sigi dan Donggala," ucap Perwakilan Ruma Bersama Relawan Sulteng, Dedi Askari di Palu, Sabtu.
Baca juga: Rumah Bersama Relawan Jokowi gelar FGD untuk gaet Millenial

Kata Dedi Askari, di Sigi, beberapa kegiatan pemulihan telah dilakukan oleh Rumah Bersama Relawan diantaranya membantu pembangunan tiga ruang kelas belajar permanen untuk SMK Analisis Kesehatan di Desa Lolu Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi diserta satu unit laboratorium dengan berbagai kelengkapannya.

Kemudian, Rumah Bersama Relawan juga membangun satu unit perpustakaan beserta ratusan koleksi buku lengkap dengan fasilitas penunjang perpustakaan.

"Untuk memulihkan proses pendidikan yang optimal, maka Rumah Besar Relawan juga membantu mobiler sekolah untuk keperluan murid-murid dan guru dalam menunjang proses belajar mengajar," sebut Dedi.
Baca juga: Walhi Sulteng salurkan 339 paket pendidikan untuk korban gempa Sigi

Rumah Bersama Relawan juga membangun 25 hunian semi huntap yang diperuntukan untuk guru-guru dan tenaga administrasi, serta masyarakat di sekolah tersebut.

Semua fasilitas yang telah terbangun akan di serahkan kepada Pemprov Sulteng lewat Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng Hidayat Lamakarate dan diteruskan kepada Dinas Pendidikan Sulteng, dan dilanjutkan kepada pihak sekolah.
Baca juga: Menjaga penyimpangan peserta didik di Sulteng dengan pendidikan agama

"Tanggal 27 September semua fasilitas itu akan di serahkan kepada Pemprov Sulteng, lalu Pemprov Sulteng menyerahkan kepada pihak sekolah dan para penerima hunian semi huntap," ujar Dedi.
Rumah Bersama Relawan membangunkan 25 unit hunian semi huntap untuk guru, tenaga administrasi dan masyarakat sekitar SMK Analisis Kesehatan di Desa Lolu Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi. (ANTARA/Muhammad Hajiji)
 

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kemarin HS Dillon meninggal di Bali akibat sakit jantung

Komentar