Jakarta (ANTARA) - Petenis yang berada di jajaran “The Big Three” yakni Roger Federer, Rafael Nadal, dan Novak Djokovic akan memeriahkan ATP Cup perdana yang diselenggarakan di Australia, 3-12 Januari 2020.

Asosiasi Tenis Profesional (ATP) menyatakan bahwa setiap petenis putra yang berada di peringkat 10 besar, dan 27 dari 30 besar telah berkomitmen untuk tampil pada turnamen senilai 15 juta dolar AS itu.

“Keikutsertaan para bintang tenis dunia pada turnamen ini menjadi penting. ATP Cup siap memulai musim 2020 nanti dengan epik,” kata presiden ATP Chris Kermode.

Baca juga: Nadal sebut tujuh petenis ini dapat gantikan "The Big Three"

Baca juga: Rafael Nadal bikin Federer tunda rencana pensiun


Selain “The Big Three”, mantan petenis nomor satu dunia Andy Murray juga akan kembali beraksi setelah sempat hengkang beberapa waktu karena operasi pinggul yang dilakukannya awal tahun ini.

Sebanyak 18 negara akan ambil bagian pada turnamen tersebut, sedangkan lima negara lainnya akan ditentukan pada 13 November mendatang.

Sementara itu, Australia sebagai tuan rumah dan pemegang wildcard akan mulai bermain dari babak final.

Baca juga: Hopman Cup tetap akan berlanjut, Perth tuan rumah ATP Cup

Sebanyak 24 negara akan bermain dalam putaran yang dibagi ke dalam enam grup. Masing-masing grup terdiri dari empat tim. Mereka yang berhak lolos ke final adalah para juara grup dan tim peringkat kedua terbaik.

Untuk mengikuti turnamen ini, setiap negara berhak mendaftarkan maksimal lima petenis. Namun, lolosnya mereka ditentukan dari daftar peringkat dunianya setelah tenggat waktu pada November nanti, demikian Reuters.

Berdasarkan laman resmi turnamen, berikut 24 negara (berdasarkan peringkat tertinggi ke terendah) yang memenuhi syarat untuk tampil pada ATP Cup 2020.
1. Serbia
2. Spanyol
3. Swiss
4. Rusia
5. Austria
6. Jerman
7. Yunani
8. Jepang
9. Italia
10. Prancis
11. Belgia
12. Kroasia
13. Argentina
14. Georgia
15. Afrika Selatan
16. Amerika Serikat
17. Kanada
18. Britania Raya
19. Australia
20. Bulgaria
21. Chile
22. Polandia
23. Moldova
24. Uruguay

Baca juga: Nadal samakan total kemenangan "Big Title" Djokovic dan Federer
 

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2019