counter

Kota Banjarmasin diliputi kabut asap sejak pagi

Kota Banjarmasin diliputi kabut asap sejak pagi

Arsip Foto. Sejumlah kendaraan bermotor melaju menembus kabut asap di Jalan Gatot Subroto, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis (5/9/2019). ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/foc.

Banjarmasin (ANTARA) - Kabut asap meliputi Kota Banjarmasin dan sekitarnya sejak Minggu pagi hingga menjelang siang, namun tidak sampai mengganggu aktivitas sehari-sehari warga.

Berdasarkan data Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) yang disiarkan di laman resmi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, kualitas udara di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, masih dalam kategori sedang.

Menurut data yang berlaku 14 September pukul 15.00 sampai 15 September pukul 15.00 tersebut, ISPU Kota Banjarmasin tercatat 59 berdasarkan parameter partikulat (PM10).

Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan juga tidak sampai mengganggu pandangan dan tidak menghambat lalu lintas kendaraan sebagaimana pada Sabtu (14/9).

Pada Sabtu (14/9) penerbangan di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, terganggu karena kabut asap sempat menurunkan jarak pandang menjadi 50 meter sampai 200 meter pada pagi hari menurut General Manager Bandara Syamsudin Noor Indah Preastuty.

Padahal pilot bisa lepas landas dengan aman kalau jarak pandang minimal 500 sampai 600 meter dan mendarat dengan aman kalau jarak pandang di atas 800 meter.

Baca juga:
BMKG: seluruh wilayah Kalimantan Selatan diselimuti kabut asap

Kabut asap tunda 7 penerbangan di Syamsudin Noor Kalsel

Pewarta: Imam Hanafi
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kebakaran hutan meluas, masyarakat Banjarmasin Salat Hajat

Komentar