Jakarta (ANTARA) - Joe Russo, co-sutradara dari "Avengers: Endgame" berkomentar tentang keputusan Sony menarik Spider-Man dari Marvel Cinematic Universe.

Joe yang menyutradarai film tersebut bersama saudaranya, Anthony, mengatakan pada Toronto Sun bahwa Sony telah membuat "kesalahan tragis" saat gagal mencapai kesepakatan untuk menampilkan karakter itu di film-film berikutnya.

The Russo brothers memperkenalkan versi terbaru dari Spider-Man di film "Captain America: Civil War" pada 2016. Dilansir NME, Anthony mengenang betapa sulitnya membawa karakter itu ke dalam film.

Baca juga: Adegan emosional ini hampir dihapus dari "Avengers: Endgame"

"Prosesnya panjang dan sulit. Tapi kami bertekad mewujudkannya," kata dia.

"Namun (bos Marvel Studio) Kevin Feige entah bagaimana berhasil melakukannya. Disney dan orang-orang baik dari Sony menemukan cara untuk menghadirkan itu dan bertahan dalam beberapa film."

"Kami mendapatkan pengalaman menyenangkan dan kupikir penonton sangat mengapresiasi kolaborasi itu."

"Namun kami tahu betapa sulitnya kolaborasi tersebut sejak awal, jadi fakta ketika kolaborasi ini buyar tidak mengejutkan bagiku dan Joe."

Beberapa waktu lalu, pimpinan Sony Pictures, Tony Vinciquerra mengatakan pihaknya saat ini telah menutup pintu untuk Spider-Man bisa kembali ke Marvel Cinematic Universe (MCU)

Meski demikian, ia menyebut bahwa "Spider-Man" memiliki umur yang panjang sehingga mungkin saja di masa depan Peter Parker akan kembali bersama Disney.

Sony Pictures saat ini sedang menggarap "Venom 2". Vinciquerra berani menyatakan keyakinannya bahwa karakter tersebut akan baik-baik saja di luar MCU, merujuk pada kesuksesan "Spider-Man: Into the Spider-Verse" dan seri Sony-Amazon "The Boys" sebagai bukti bahwa Sony sepenuhnya mampu berada di depan.

"Spider-Man baik-baik saja sebelum adanya film itu dan melakukan lebih baik lagi setelah film, dan sekarang kita memiliki semesta kita sendiri, dia akan memainkan karakter lain juga. Saya pikir kita cukup mampu melakukan apa yang harus kita lakukan di sini," Vinciquerra menjelaskan.

Baca juga: Sutradara "Avengers: Endgame" tertarik kerjakan film lain MCU

Baca juga: Alasan peran Captain Marvel sedikit dalam "Avengers: Endgame"

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2019