counter

Forum perdamaian gelar karnaval budaya Kabupaten Kupang

Forum perdamaian gelar karnaval budaya Kabupaten Kupang

Bupati Kupang Korinus Masneno menandatangani deklarasi damai masyarakat desa, Sabtu (14/9/2019). ANTARA/ Benny Jahang

Kami berharap perhatian kementerian atas daerah ini ke depan semakin ditingkatkan
Kupang (ANTARA) - Forum perdamaian di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur mengelar karnaval budaya guna memperkuat semangat persatuan dan mewujudkan masyarakat yang maju serta sejahtera di daerah yang berbatasan dengan wilayah Oecusse, Timor Leste itu.

Bupati Kupang Korinus Masneno dalam sambutannya pada acara adat melalui festival budaya di halaman Kantor Bupati Kupang di Oelamasi, 38 kilometer timur Kota Kupang itu, Sabtu (14/9) malam, menyampaikan terimah kasih atas dukungan pemerintah pusat melalui Kementerian Pembangunan Desa dan Transmigrasi yang mengagas festival budaya bagi warga desa setempat.

"Pemerintah Kabupaten Kupang menyampaikan penghargaan yang tulus atas perhatian yang diberikan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang telah memberikan perhatian bagi Kabupaten Kupang melalui alokasi dana desa yang terus meningkat setiap tahun," kata Korinus Masneno.

Hadir dalam festival budaya di Kabupaten Kupang, yaitu Direktur Jenderal (Dirjen) Pengembangan Daerah Tertentu (PDTU) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Aisyah Gamawati, serta Direktur Penanganan Daerah Pasca Konflik Hasrul Edyar.

Keduanya hadir secara khusus ke Kabupaten Kupang dalam rangka mengikuti kegiatan penguatan pranata adat melalui festival budaya yang diikuti masyarakat di daerah itu.

Baca juga: Jember lestarikan budaya lokal melalui "Puger Etnik Karnaval"

Menurut Korinus Masneno, perhatian pemerintah pusat dibutuhkan dalam rangka memberikan sumbangsih pikiran dan dukungan pembangunan guna mewujudkan masyarakat yang semakin maju dan sejahtera di Kabupaten Kupang.

“Terima kasih Ibu Dirjen dan jajaran telah datang dan berkarya di Kabupaten Kupang yang kita cintai dan merupakan bagian terdepan NKRI di mata negara lain untuk membangun, berkarya bersama masyarakat Kabupaten Kupang," katanya.

Ia mengatakan membangun budaya penting karena budaya sebagai benteng ketahanan masyarakat dalam menyikapi dinamika sosial di Indonesia yang berkembang pesat lewat perkembangan informasi.

Budaya yang kuat dan semangat persatuan masyarakat, katanya, menjadi benteng utama terciptanya suasana aman, damai, dan kondusif di Kabupaten Kupang.

"Kami berharap perhatian kementerian atas daerah ini ke depan semakin ditingkatkan. Kami mohon maaf apabila ada kekurangan dalam kegiatan ini karena biasanya apabila mengelar festival budaya seperti ini yang hadir bisa mencapai 3.000 orang," kata Masneno.

Kegiatan yang dilakukan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi bekerja sama dengan Pemkab Kupang, di antaranya pertemuan lintas tokoh agama dan tokoh masyarakat, camat, dan kades dari berbagai kecamatan melalui Forum Perdamaian di Kupang, serta karnaval budaya diikuti ASN, masyarakat, dan pelajar dari berbagai sekolah. 

Baca juga: Karnaval budaya NTB pukau delegasi APGN
Baca juga: Delapan daerah ikuti "Wonderful Artchipelago Carnival Indonesia"

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Jakarnaval 2019 bertemakan wajah baru ibu kota

Komentar