Di Kali Bahagia, Ibu Negara ajak warga pungut sampah

Di Kali Bahagia, Ibu Negara ajak warga pungut sampah

Ibu Negara Iriana Widodo dan sejumlah istri menteri tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja saat pembukaan Edukasi Akbar dan Pencanangan Aksi Bersih-Bersih Bersama di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat pada Senin (16/9/2019). ANTARA/Bayu Prasetyo/am.

Bekasi (ANTARA) - Ibu Negara Iriana Widodo mengajak warga ikut menjaga kebersihan dengan memungut sampah di jalan saat meresmikan pencanangan edukasi Gerakan Indonesia Bersih di pinggir Kali Busa atau Kali Bahagia di Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin.

"Sederhana sekali untuk membuat bersih, yaitu tinggal mengambil sampah dari jalan, dan membuangnya di tempat sampah," kata Iriana saat menyampaikan sambutan.

Gerakan Indonesia Bersih mengajak seluruh warga turut menjaga kebersihan lingkungan sekitar, termasuk kebersihan.

"Mulailah sekarang, dari kesadaran dari ibu-ibu di posyandu dan tokoh masyarakat, sederhana saja. Nanti saya lewat lagi sudah harus bahagia ya," ujar Ibu Negara.

Ibu Negara tiba di pinggir Kali Bahagia sekitar pukul 08.00 WIB.

Iriana didampingi oleh Istri Gubernur Jawa Barat Atalia Praratya, Istri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Devi Simatupang, dan Ketua OASE KK Erni Guntarti Tjahjo Kumolo.

Kali Bahagia sebelumnya penuh tumpukan sampah yang berbau busuk. Menurut data resmi dari Kecamatan Babelan, sampah memenuhi bagian sepanjang 1,5 km di sungai sepanjang tiga km tersebut.

Lewat Gerakan Indonesia Bersih, pemerintah pusat bersama pemerintah daerah melakukan pengerukan sampah dan endapan lumpur di Kali Bahagia.

Baca juga: Sampah sepanjang 1 km penuhi permukaan Kali Bahagia Bekasi

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pembenahan Bunaken rampung tahun 2020

Komentar