counter

Tenis

ATP Cup 2020, Djokovic main di Brisbane dan Nadal di Perth

ATP Cup 2020, Djokovic main di Brisbane dan Nadal di Perth

Petenis Swiss Roger Federer (kiri) berpose bersama rivalnya dari Spanyol Rafael Nadal sebelum laga semi final Tenis Wimbledon 2019 di London, Inggris (12/7/2019). ANTARA FOTO/REUTERS/Carl Recine/foc.

Jakarta (ANTARA) - Petenis nomor satu dunia Novak Djokovic akan mengawali musim kompetisi 2020 di Brisbane, Rafael Nadal di Perth dan Roger Federer di Sydney, setelah dilakukan pengundian untuk ATP Cup, event tenis beregu dunia yang baru, Senin.

Kejuaraan tersebut, yang akan dilaksakan 3-12 Januari menjelang Grand Slam pertama Australia Open di Melbourne, akan diikuti 24 negara yang terbagi dalam enam grup di Sydney, Brisbane dan Perth.

Baca juga: "The Big Three" meriahkan ATP Cup perdana di Australia

Delapan tim -- dengan masing-masing pemain hingga lima orang -- akan dihasilkan dari babak round-robin untuk bertanding pada fase sistem gugur di Sydney hingga tersisa satu.

Sebagian besar dari 30 petenis putra peringkat teratas akan ambil bagian, dengan bentuk pertandingan terdiri atas dua tunggal dan satu ganda.

Pada pengundian di Sydney, tim Djokovic, Serbia, akan beradu dengan Prancis, Afrika Selatan, Jerman, Yunani, Kanada dan Australia yang mendapat wildcard, di Brisbane.
 
Petenis Serbia Novak Djokovic mengunyah rumput lapangan setelah mengalahkan petenis Swiss Roger Federer di final tunggal putra Kejuaraan Tenis Wimbledon di London, Inggris, Minggu (6/7). Djokovic menjadi juara Wimbledon setelah mengalahkan Federer 6-7, 6-4, 7-6, 5-7, 6-4. (ANTARA FOTO/REUTERS/Suzanne Pl)


Tim Nadal Spanyol akan menghadapi Jepang, Georgia, Rusia, Italia dan Amerika Serikat di Perth, sementara tim Federer Swiss bertemu Belgia, Austria, Kroasia, Argentina dan Inggris yang dipimpin Andy Murray.

Lima negara terakhir dalam klasemen ATP Cup, berdasarkan peringkat dari pemain tunggal nomor satu mereka, akan ditentukan pada tenggat entri kedua pada 13 November.

Turnamen baru yang mengawali tahun depan itu menawarkan hadiah uang 22 juta dolar Australia (15 juta dolar AS) dan maksimal 750 poin ranking ATP untuk tunggal dan 250 untuk ganda.

Baca juga: Hopman Cup tetap akan berlanjut, Perth tuan rumah ATP Cup

Kejuaraan itu digelar sesudah Davis Cup yang diubah, yang diselenggarakan oleh Federasi Tenis Internasional pada November, dengan mengumpulkan 18 negara dalam satu tempat selama sepekan pada akhir musim kompetisi 2019.


Berikut ini hasil pengundian ATP Cup seperti disiarkan AFP:

Grup A (Brisbane) - Serbia, Prancis, Afrika Selatan +1 (akan diumumkan kemudian).

Grup B (Perth) - Spanyol, Jepang, Georgia +1 (akan diumumkan kemudian).

Grup C (Sydney) - Swiss, Belgia, Inggris +1 (akan diumumkan kemudian).

Grup D (Perth) - Russia, Italia, AS +1 (akan diumumkan kemudian).

Grup E (Sydney) Austria, Kroasia, Argentina +1 (akan diumumkan kemudian).

Grup F (Brisbane) - Jerman, Yunani, Kanada, Australia

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar