PMI kerahkan relawan atasi karhutla dan kabut asap

PMI kerahkan relawan atasi karhutla dan kabut asap

Relawan PMI Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan berupaya memadamkan karhutla. ANTARA/PMI Kab.Banjar

Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Palang Merah Indonesia mengerahkan relawan untuk mengatasi seluruh daerah yang dilanda bencana kebakaran hutan dan lahan serta kabut asap seperti di wilayah Riau dan Kalimantan.

"Kami menginstruksikan agar semua komponen PMI dan relawan khususnya di wilayah terdampak agar bekerja keras memberikan layanan terbaik bagi warga," kata Kepala Divisi Penanggulangan PMI Pusat Arifin M Hadi melalui sambungan telepon, Senin.

Informasi dari relawan yang berada di lapangan saat ini untuk membantu proses pemadaman karhutla dan memberikan pelayanan kepada warga terdampak bencana tersebut, kondisi kabut asap sudah semakin mengkhawatirkan.
Baca juga: RSBA PMI Kalteng ramai didatangi warga terdampak asap

PMI yang berada di daerah terdampak bencana karhutla dan kabut asap agar menggerakan ambulans dan tim medis nya untuk melakukan layanan kesehatan keliling serta membagikan masker kepada warga.

Selain itu, markas PMI agar difungsikan sebagai ruang sehat bebas asap (RSBA) seperti yang telah dilakukan jajaran PMI Kalimantan Tengah dan menyediakan layanan kesehatan juga dukungan tabung oksigen bagi warga yang memerlukan penanganan kegawatdaruratan.
Baca juga: PMI salurkan 10.000 liter air bersih

"Bagi yang masih memiliki stok atau persediaan masker agar mendistribusikan khususnya bagi kelompok rentan antara lain lanjut usia, ibu hamil, balita dan anak anak," tambahnya.

Arifin mengatakan pihaknya juga akan mengedarkan surat edaran resmi pengurus Pusat PMI dan segera dikirimkan ke seluruh PMI baik provinsi, kota maupun kabupaten yang daerahnya terdampak karhutla dan kabut asap.

Pihaknya juga mengapresiasi kepada jajarannya yang sudah bekerja keras seperti memadamkan karhutla, memberikan pelayanan kesehatan dan sebagainya untuk membantu pemerintah, TNI, Polri dan relawan lainnya dalam menanggulangi bencana tersebut.
Baca juga: PMI dirikan posko kesehatan untuk bantu korban kabut asap Riau

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kawasan rehabilitasi hutan Kota Sorong terbakar

Komentar