counter

Potensi penjualan paket wisata Indonesia di Vietnam capai Rp204 miliar

Potensi penjualan paket wisata Indonesia di Vietnam capai Rp204 miliar

Kegiatan Misi Penjualan Paket Wisata Indonesia di Hanoi, Vietnam pada 10 September 2019. (KBRI Hanoi)

Jakarta (ANTARA) - Nilai transaksi potensial dari Misi Penjualan Paket Wisata Indonesia di Vietnam mencapai Rp204 miliar, seperti disampaikan dalam keterangan tertulis dari KBRI Hanoi yang diterima di Jakarta, Senin.

Misi Penjualan Paket Wisata Indonesia dilaksanakan oleh Kementerian Pariwisata RI bekerjasama dengan KBRI Hanoi pada 10-11 September 2019 di Hanoi dan Ho Chi Minh.

Nilai transaksi potensial dalam Misi Penjualan 10 Destinasi Prioritas yang berlangsung di Hotel Melia, Hanoi tercatat sebesar Rp120,6 miliar.

Selain di Hanoi, Misi Penjualan Pariwisata juga berlangsung di pusat perekonomian Vietnam, Ho Chi Minh City pada 11 September 2019 dengan nilai transaksi potensial sebesar Rp83,6 miliar.

Kedua misi penjualan paket wisata Indonesia di Vietnam berhasil membukukan potential transaction sebesar Rp204 miliar.

Menanggapi hal itu, Duta Besar RI untuk Vietnam Ibnu Hadi meyakini bahwa jumlah kunjungan wisatawan Vietnam ke Indonesia akan semakin meningkat seiring dengan semakin tingginya pertumbuhan kelas menengah di Vietnam.

"Liburan ke luar negeri menjadi tren di kalangan middle class Vietnam, dan Indonesia harus dapat menangkap peluang ini," ujar Dubes Ibnu Hadi.

Misi Penjualan yang dihadiri 84 agen perjalanan dan operator tur di Hanoi dan 40 agen/operator di Ho Chi Minh City bertujuan untuk mendorong penjualan paket wisata 10 Destinasi Prioritas Indonesia (The 10 New Bali) ke Vietnam.
Baca juga: KJRI Ho Chi Minh City promosikan pariwisata "Bali & Beyond"

Kegiatan misi penjualan itu bersifat bisnis ke bisnis (B-to-B) dengan melibatkan 22 penjual dari industri pariwisata Indonesia yang terdiri dari agen perjalanan, operator tur, dan hotel.

Pada kegiatan tersebut juga diadakan "Product Knowledge Session" dengan menghadirkan tiga narasumber untuk menjelaskan objek-objek wisata di Indonesia, khususnya gunung Bromo dan candi Borobudur yang merupakan tujuan wisata super prioritas.

Jumlah wisatawan keluar dari Vietnam pada 2018 sebesar 9.772.250 orang. Namun, jumlah turis Vietnam yang berkunjung ke Indonesia belum mencapai satu persen dari angka tersebut.

Pada 2018, jumlah kedatangan wisatawan Vietnam ke Indonesia tercatat sebanyak 75.632 orang. Pada periode Januari-Juli 2019, jumlah turis Vietnam yang berkunjung ke Indonesia tercatat sebesar 53.000 orang atau meningkat sebesar 18.11 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Baca juga: KBRI dorong penerbangan langsung Hanoi-Jakarta untuk wisata
Baca juga: Perindo kantongi transaksi 6,3 juta dolar AS per bulan dari Vietnam
Baca juga: Paket wisata Indonesia senilai Rp83,6 miliar terjual di Ho Chi Minh

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Maria D Andriana
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Indonesia tingkatkan hubungan antarmasyarakat dengan Vietnam

Komentar