Pontianak (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat mencatat, dari 20 Puskesmas di daerah itu terdapat 983 kasus infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) selama minggu pertama September 2019.

 Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas  Kabupaten Kubu Raya, Mahyudin di Sungai Raya, Selasa mengatakan, kasus penyakit gangguan pernapasan ini terus meningkat dalam tiga bulan terakhir.

"Pada minggu pertama September, total kasus ISPA di Kubu Raya sebanyak 983 kasus. Jika dibanding pada periode yang sama di bulan sebelumnya, sepanjang Agustus terdapat 2.102 kasus, di Juli ada 1911 kasus," katanya.   

Baca juga: Kualitas udara kota Palangka Raya kategori berbahaya

Artinya, kata dia, jika dilihat dalam 1 bulan ada 4 minggu, pada minggu pertama September saja total kasus ISPA sudah mencapai 983, dan pada akhir September nanti tidak menutup kemungkinan bisa bertambah hingga mencapai 3.000 kasus.

Untuk mencegah bertambahnya jumlah kasus ISPA di kabupaten itu, Mahyudin mengimbau masyarakat, khususnya anak-anak dan orang tua untuk membatasi aktivitas di luar rumah.

"Kalaupun harus beraktivitas di luar rumah harus gunakan masker, selain itu harus lebih banyak mengkonsumsi air putih, menjaga pola hidup bersih dan sehat," katanya.

Baca juga: Wilayah Ibu kota Negara masih diselimuti kabut asap tipis

Selain terus memberikan sosialisasi bagi masyarakat untuk mengantisipasi diri agar tidak terkena ISPA, Dinas kesehatan Kubu Raya juga bekerjasama dengan sejumlah pihak untuk membagikan sebanyak 7 ribu masker secara gratis yang tersebar di enam titik wilayah Kubu Raya.

"Untuk menekan kasus ISPA ini, pagi ini kita telah membagikan ribuan masker di enam lokasi di Kecamatan Sungai Raya. Yakni di simpang empat Polda Kalbar, simpang empat Asrama Gatot, areal Tugu Dirgantara Nusantara Lanud Supadio, simpang empat Pondok Indah Lestari, simpang empat Desa Kapur, dan di Jalan Arteri Supadio," terangnya.

Sebelumnya Dinas Kesehatan Kubu Raya telah menyiapkan sebanyak 78 ribu masker, namun beberapa di antaranya sudah dibagikan.

Baca juga: Dinkes Kalbar minta seluruh Puskesmas siapkan tabung oksigen

Meski begitu kata Mahyudin, bagi masyarakat yang ingin mendapatkan masker secara gratis bisa langsung menghubungi Dinas Kesehatan Kubu Raya.

"Silahkan datang saja, kalau memang masih ada ormas dan organisasi lainnya ingin masker dan kemudian dibagikan secara gratis. nanti akan kami data dulu, selama persediaan masih ada Insya Allah maskernya akan kami berikan," katanya.

Baca juga: BMKG keluarkan peringatan dini cuaca ekstrem kabut asap di Sampit

Mahyudin pun berharap masalah kabut asap bisa segera teratasi dan segera masuk musim hujan, sehingga kasus ISPA tidak kembali meningkat.

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2019