counter

Jakarta daerah pertama bekerja sama dengan "unicorn" jasa perjalanan

Jakarta daerah pertama bekerja sama dengan "unicorn" jasa perjalanan

Direktur Hubungan Masyarakat Traveloka Group, Sufintri Rahayu, usai memberikan pernyataan pada awak media di Gedung Disparbud DKI Jakarta, Selasa (17/9/2019). (Antara/Ricky Prayoga)

Jakarta (ANTARA) - DKI Jakarta merupakan daerah pertama di Indonesia yang menjalin kerja sama dengan perusahaan "unicorn" bidang jasa perjalanan mengenai penyediaan informasi pariwisata dan akomodasi, kata Direktur Hubungan Masyarakat Traveloka Group, Sufintri Rahayu,

"Iya kalau buat kerja sama semacam ini DKI Jakarta yang pertama. Kami menyambut baik kerja sama ini yang merupakan kebanggaan tersendiri bagi Traveloka, mengingat markas besar kami yang berada di Jakarta," kata Sufintri Rahayu, di Jakarta, Selasa.

Baca juga: DKI gandeng Traveloka untuk permudah akses wisatawan ke Jakarta

Kerja sama ini, kata dia, dapat menguntungkan bagi wisatawan, terlebih yang dari mancanegara dengan kemudahan akses yang ditawarkan dengan membuka laman web jakarta-tourism.go.id langsung mendapatkan informasi pariwisata dan akomodasi sekaligus.

"Tentunya buat saya sebagai traveler, yang biasanya setiap berkunjung ke berbagai negara saya jika ingin cari informasi melakukannya di web Dinas Pariwisata setempat apa yang ada, apa yang menarik di sana. Jadi buat saya web Disparbud DKI ini adalah 'solid site' yang harusnya jadi referensi pariwisata dan kami akan terus 'support'," ucap Sufintri.

Baca juga: Gandeng Traveloka, Disparbud DKI Jakarta ingin tingkatkan pajak daerah

Sufintri mengatakan kerja sama ini juga memungkinkan untuk ditingkatkan dengan berbagai program menarik seperti pemberian diskon khusus yang berhubungan dengan acara-acara Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta.

"Tentu saja dengan senang hati, kami akan lebih lanjut intensifkan kerja sama dengan Disparbud DKI Jakarta. Kami sangat terbuka sekali dan 'aplicable', karena itu sudah dilakukan juga sebelumnya," ucapnya.

Baca juga: Traveloka: Investasi kami terserap di Indonesia

Ke depan, kata dia, banyak yang harus dilakukan bersama mengingat adanya persamaan visi-misi untuk memajukan pariwisata Indonesia.

"Ke depan kita tentunya berharap semua fitur Traveloka bisa diakses di sini, kita bisa bantu Disparbud untuk berikan aksesibilitas pada produk Traveloka sehingga memudahkan wisatawan luar negeri," ucap dia yang juga mengharapkan dinas-dinas serupa juga bisa menjalin kerja sama dengan mereka.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi DKI Jakarta yang menggandeng Traveloka untuk penyediaan informasi wisata dan perhotelan di Jakarta dengan menautkan laman web, mengharapkan bisa meningkatkan pajak pendapatan daerah dari kunjungan wisatawan.

"Dengan kerja sama ini, pendapatan daerah juga jadi terawasi dan pengaruhnya positif bagi pendapatan daerah," kata Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Disparbud DKI Jakarta Hari Wibowo.

Pajak hotel merupakan salah satu dari 13 sumber pendapatan Jakarta. Untuk tahun 2018 Jakarta mendapatkan pendapatan dari pajak hotel sebesar Rp1,74 triliun dari target Rp1,7 triliun atau sebesar 102,69 persen.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Indonesia dan Prancis jalin kerjasama pantau cuaca dan iklim

Komentar