counter

Liga Champions

Llorente tuntaskan misi balas dendam antar Napoli tundukkan Liverpool

Llorente tuntaskan misi balas dendam antar Napoli tundukkan Liverpool

Penyerang Napoli Fernando Llorente (kanan) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya Dries Mertens (tengah) dan Giovanni Di Lorenzo usai mencetak gol ke gawang Liverpool dalam laga Grup E Liga Champions di Stadion San Paolo, Napoli, Italia, Selasa (17/9/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Ciro de Luca)

Jakarta (ANTARA) - Penyerang Napoli Fernando Llorente berhasil menuntaskan misi balas dendam untuk mengantarkan Napoli menundukkan Liverpool 2-0 pada babak penyisihan Grup E Liga Champions di Stadion San Paolo, Rabu dini hari (WIB).

Llorente yang baru masuk pada babak kedua mampu menyumbangkan satu gol ke gawang Liverpool pada menit ke-90+2 sekaligus menggandakan keunggulan menjadi 2-0. Sementara satu gol lainnya dicetak Dries Mertens lewat titik putih pada menit ke-82.

Tentu dendam Llorente berawal saat ia membela Tottenham Hotspurs, klub Inggris yang dikalahkan Liverpool dalam partai final Liga Champions musim lalu. Kini Llorente kembali bersua dengan Liverpool namun dengan seragam berbeda.

Baca juga: Napoli harus tampil sempurna untuk hentikan Liverpool

Manajer Liverpool Jurgen Klopp langsung menurunkan skuat terbaiknya dengan langsung memasang trio Firmino, Mane, dan Salah sebagai ujung tombak, disokong Henderson dan Milner. Sementara Fabinho dipercaya untuk menjaga lini kedua pertahanan Liverpool.

Sementara Napoli mempercayakan lini depan kepada Dries Mertens dan Lozano. Fernando Llorente yang baru didatangkan pada awal musim masih disimpan Carlo Ancelotti.

Kiper Liverpool, Adrian, tampil gemilang di bawah mistar. Ia mampu menggagalkan dua sepakan terukur Fabian Ruiz dari luar kotak penati. Lozano yang menerima bola liar hasil tepisan Adrian sempat memasukan bola namun ia terlebih dahulu berada di posisi offside.

Pada menit 21, Mane memiliki peluang emas setelah menerima umpan lambung Henderson, namun sepakannya terlalu lemah dan bisa diamankan Meret.

Kedua tim bermain hati-hati dan tidak terburu-buru menyerang. Apalagi Napoli yang berkaca pada kekalahan musim lalu tak banyak memainkan bola di daerah pertahanan sendiri.

Kondisi serupa juga dilakukan Liverpool yang tidak memasang garis pertahanan tinggi. Biasanya para pemain Liverpool langsung menekan hingga pertahanan lawan, namun kali ini mencoba lebih banyak menguasai bola.

Firmino hampir membawa tim tamu unggul pada menit akhir jelang babak pertama berakhir. Sayang, sundulannya masih menyamping tipis. Skor imbang bertahan hingga turun minum.

Pemain terbaik Liverpool dalam pertandingan kali ini pantas disematkan pada Adrian. Ia kembali melakukan penyelamatan gemilang untuk ketiga kalinya usai menepis sontekan berbahaya Mertens.

Kiper Napoli juga tampil tak kalah apik. Refleksnya mampu menepis bola keras sepakan Salah di dalam kotak penalti.

Baca juga: Grup E: Mencari pendamping LIverpool

Baca juga: Klopp merendah, "kami juara tapi bukan favorit"

Gol yang ditunggu-tunggu publik Gli Azzurri hadir pada menit ke-82 melalui titik putih yang dieksekusi Mertens. Penalti itu tercipta kala Callejon yang mencoba menusuk dari dalam kotak penalti dijatuhkan Robertson.

Usai gol tersebut, The Reds langsung tampil menekan dan memeragakan garis pertahanan ketat. 11 pemain Napoli dipaksa untuk bertahan di garis pertahanan sendiri.

Namun Napoli mampu menggandakan keunggulan lewat Llorente. Virgil van Dijk yang salah mengumpan bola mampu disambar Llorente yang hanya tinggal menyontekan bola. Napoli unggul 2-0.

Dengan hasil ini Napoli berada di peringkat dua Grup E di bawah RB Salzburg yang sama-sama mengoleksi tiga angka namun menang agregat gol usai menang 6-2 atas Genk.

Baca juga: Barella selamatkan Inter dari kekalahan di kandang sendiri

Baca juga: Penalti Depay cegah Zenit permalukan Lyon

Baca juga: Ajax gasak Lille tiga gol tanpa balas


Susunan Pemain
Napoli: A. Meret, G. Di Lorenzo, Manolas, Koulibaly, Mario Rui, Jose Callejon, Allan, Fabian Ruiz, L. Insigne, Lozano, Mertens.

Liverpool: Adrian, Trent-Alexander Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andy Robertson, Jordan Herderson, Fabinho, Milner, Mane, Salah, Firmino.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar