Jakarta (ANTARA) - Penyerang Red Bull Salzburg Erling Haland berhasil membukukan Hattrick ke gawang Genk dan membawa klub asal Austria itu pesta gol di kandang sendiri dalam babak penyisihan Grup E Liga Champions, Rabu dini hari.

Kemenangan Salzburg 6-2 berkat gol-gol yang dicetak Haland (2, 34, dan 45), Hwang Hee-Can (36), D. Szoboszlai (45+2), dan Ulmer (66). Sementara gol tim tamu dicetak Lucumi (40) dan Samatta (52), demikian catatan resmi UEFA.

Hasil itu menjadi awal positif untuk mengawali babak penyisihan Liga Champions Grup E serta menebar teror bagi Liverpool dan Napoli.

Tuan rumah sebenarnya tidak tampil terlalu dominan dengan penguasaan bola 46 persen berbanding 54 persen untuk Genk. Justru kekompakan serta efektifitas serangan yang membuat Salzburg mampu berpesta gol.

Gol pertama tercipta pada menit ke-2 melalui Erling Haland. Minamio yang diapit dua pemain melepaskan umpan matang yang tinggal ditendang Haland. 1-0 untuk keunggulan Salzburg.

Haland menggandakan keunggulan melalui serangan balik cepat pada menit ke-34. Ia yang tanpa pengawalan mendapat umpan dari Hee-Chan dari sayap kanan, tanpa kesulitan berarti untuk menceploskan bola.

Dua menit berselang, Hee-Chan memperbesar keunggulan usai menerima umpan terukur Junuzovic dari garis tengah. Genk sempat memperkecil keunggulan lada menit 40 saat Lucumi mampu memaksimalkan kemelut di dalam kotak penalti.

Pada menit 45 Haland mencatatkan namanya sebagai pencetak hattrick pertama di Liga Champions musim 2019-2020. Pada menit perpanjangan, Salzburg semakin memperlebar jarak melalui gol yang dicetak Szoboszlai. 5-1 untuk keunggulan Salzburg pada babak pertama.

Unggul tiga gol membuat permainan Salzburg lebih bermain aman pada babak kedua. Mereka tidak terlalu bermain menyerang, berbeda dengan apa yang dilakukannya di babak pertama.

Kondisi ini dimaksimalkan Genk untuk mengejar ketertinggalan dengan mengurung pertahanan Salzburg. Pada menit 52, Genk mampu memperkecil keunggulan melalui sundulan Samatta. Skor berubah 5-2.

Keasyikan menyerang, Salzburg kembali membuat skor menjauh jadi 6-2 melalui gol yang dicetak Ulmer melalui skema cantik satu-dua dengan Junuzovic.

Dengan kemenangan ini, Salzburg untuk sementara menghuni posisi pertama Grup E unggul aggregat gol atas Napoli yang pada pertandingan lain berhasil mengalahkan Liverpool 2-0 di San Paolo.

Susunan pemain

GENK (4-3-3): Gaetan Coucke; Joakim Maehle, Jhon Lucumi, Sebastian Dewaest, Jere Uronen; Patrik Hrosovsky, Sander Berge, Bryan Heynen; Dieumerci Ndongala, Junya Ito, Mbwana Samatta.

SALZBURG (4-4-2): Cican Stankovic; Rasmus Kristensen, Andre Ramalho, Maximilian Wober, Andreas Ulmer; Takumi Minamino, Antoine Bernede, Zlatko Junuzovic, Dominik Szoboszlai; Hwang Hee-Chan, Erling Haland.

Penerjemah: Asep Firmansyah
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2019