counter

China pilih panda sebagai maskot Olimpiade Musim Dingin 2022

China pilih panda sebagai maskot Olimpiade Musim Dingin 2022

Maskot Olimpiade Musim Dingin 2022 Bhing Dwen Dwen dan Paralimpiade Musim Dingin 2022 Shuey Rhon Rhon (Twitter.com/Beijing2022)

Jakarta (ANTARA) - China telah memilih panda sebagai maskot resmi Olimpiade Musim Dingin 2022 yang akan diselenggarakan di Beijing.

Sang maskot, yang dinamai Bing Dwen Dwen, berbentuk panda berbadan gempal mengenakan pakaian terbuat dari es.

Beruang berwarna hitam putih itu memiliki "hati yang terbuat dari emas dan kecintaan terhadap semua olahraga musim dingin," cuit komite panitia Olimpiade 2022 dan Paralimpiade musim dingin, Selasa waktu setempat seperti dikutip AFP.
 

Sementara maskot untuk Paralimpiade Musim Dingin berbentuk lampion merah dengan pipi merona yang bernama Shuey Rhon Rhon.

Beijing akan menjadi kota pertama yang menggelar Olimpiade di musim panas dan musim dingin setelah memenangi bidding pada 2015 mengalahkan Almaty, eks ibu kota Kazakhstan.

Ibu kota China itu telah menggelar Olimpiade musim panas pada 2008 membawa negara yang ingin menjadi adidaya itu ke panggung dunia.
 

Beijing akan bergantung dengan penggunaan salju buatan untuk menggelar Olimpiade Musim Dingin dan telah mengalokasikan investasi sebesar 1,5 miliar dolar AS untuk membangun desa-desa Olimpiade, arena olahraga, dan infrastruktur pendukung lainnya.

Jaringan kereta kecepatan tinggi pun sedang dibangun dari Beijing menuju Zhangjiakou, kota yang berada di barat laut ibu kota, yang menggelar banyak cabang olah raga pegunungan nantinya.

Sejumlah arena Olimpiade 2008 di Beijing, seperti Stadion Nasional Beijing yang dijuluki Sarang Burung, akan digunakan kembali untuk perhelatan pesta olah raga dunia pada 2022 itu.












 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Ratusan pelajar dari 34 provinsi ikuti Olimpiade Olahraga Siswa Nasional

Komentar