Kami tetap melakukan pendampingan sampai sumber daya manusia pengguna jasa pelabuhan benar-benar memahami tentang penggunaan sistem online ini, mulai dari permohonan hingga pembayaran secara online
Kupang (ANTARA) -
Manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III mulai 1 September 2019, menerapkan sistem Delivery Order(DO) Online, untuk pengeluaran barang dari dua pelabuhan di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dua pelabuhan yang menerapkan sistem DO itu adalah Pelabuhan Tenau Kupang dan Pelabuhan Lorens Say Maumere di Kabupaten Sikka, Flores, kata General Manager Pelindo III Pelabuhan Tenau Kupang, Baharuddin di Kupang, Rabu.

Dia mengemukakan hal itu, berkaitan dengan upaya Pelindo untuk meningkatkan kelancaran arus barang, pada pelabuhan laut itu di wilayah itu.

Menurut dia, sistem DO online ini juga memberikan kemudahan kepada pengguna jasa atau pengusaha dalam mengajukan permohonan pengeluaran barang dari pelabuhan.

Selama ini kata dia, para pengguna jasa pelabuhan mengajukan permohonan pengeluaran barang secara manual dengan langsung mendatangi loket yang tersedia di Kantor Pelindo III Pelabuhan Tenau.

"Tetapi dengan sistem ini, pengusaha tidak perlu datang ke kantor Pelindo untuk mengurus permohonan, tetapi bisa langsung mengajukan permohonan melalui sistem online kapan saja," katanya.

Baca juga: Pelindo terapkan pelayanan pengiriman pesan elektronik barang impor

Dia menambahkan, dalam penerapan sistem yang sebelumnya manual ke online ini, pihaknya masih melakukan pendampingan kepada para penguna jasa pelabuhan.

"Kami tetap melakukan pendampingan sampai sumber daya manusia pengguna jasa pelabuhan benar-benar memahami tentang penggunaan sistem online ini, mulai dari permohonan hingga pembayaran secara online," katanya.

Dalam hubungan dengan itu, pihaknya menyiapkan beberapa unit komputer di kantor beserta petugas, untuk memandu dan menjelaskan sistem baru ini kepada pelanggan.

"Petugas kami selalu siap. Kalau ada kesulitan dalam melaksanakan sistem online ini, bisa datang ke kantor untuk mendapatkan penjelasan," kata Baharudin menambahkan.

Baca juga: Pelindo III : Poros Maritim Tower ditarget selesai 2020
 

Pewarta: Bernadus Tokan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019