counter

Jateng usul Rakernas PKK 2020 fokus empat isu strategis

Jateng usul Rakernas PKK 2020 fokus empat isu strategis

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Tengah Siti Atikoh Ganjar Pranowo. (ANTARA/Wisnu Adhi)

Semarang (ANTARA) - Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga mengusulkan agar pelaksanaan Rapat Kerja Nasional ke-9 PKK 2020 dapat fokus pada empat isu strategis yaitu kemiskinan, penyalahgunaan narkoba, gangguan pertumbuhan anak (stunting), dan pembangunan karakter anak berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 99
Tahun 2017 tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga.

"Terkait dengan itu, PKK Jateng siap menginstruksikan kadernya agar memantau permasalahan-permasalahan tersebut sampai ke tingkat desa," kata Ketua TP PKK Provinsi Jawa Tengah Siti Atikoh Ganjar Pranowo di Semarang, Rabu.

Menurut dia, kemiskinan merupakan sumber dari segala permasalahan sehingga kader TP PKK harus menjadi garda terdepan untuk mengentaskan kemiskinan yang dimulai dari pendataan di lapangan yang valid.

Atikoh menekankan pentingnya peran keluarga dalam memberikan proteksi terhadap anak sebagai generasi penerus bangsa dari bahaya penyalahgunaan narkoba, apalagi anak yang terjerat kasus narkoba jumlahnya cukup banyak.

"Membangun karakter anak tidak bisa instan seperti membangun infrastruktur jalan ataupun gedung. Membangun sumber daya manusia yang unggul perlu suatu rutinitas dan kontinyuitas yang berkesinambungan dari berbagai pihak," ujarnya.

Baca juga: Kaum perempuan, periksalah rahim dan payudara

Baca juga: Stunting dan TBC prioritas penanganan Kemenkes di Jateng

Tidak hanya itu, kata Atikoh, mengonsumsi makanan yang bergizi untuk mencegah kekerdilan menjadi bagian pembangunan karakter anak.

"Demi menyelesaikan isu-isu strategis tersebut, TP PKK Jateng diharapkan terus hadir melakukan pendampingan kepada masyarakat dengan cara menyukseskan 10 program pokok PKK, salah satunya adalah gotong royong," katanya.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Dispermasdesdukcapil Provinsi Jateng Nardi Santoso menambahkan rapat konsultasi yang digelar TP PKK Jateng sebelum Rakernas mendatang itu sangatlah penting karena dapat menyatukan langkah para kader PKK di tingkat provinsi dan kabupaten/kota dalam bersinergi menyukseskan 10 Program Pokok PKK.

"Ke depan, melalui 10 Program Pokok PKK dapat menjadi garda terdepan dalam memperkuat dan menggerakkan masyarakat Jawa Tengah agar tercipta SDM yang unggul dan berkualitas," ujarnya.*

Baca juga: Dorong orang tua gemar baca PKK gelar lomba bercerita

Baca juga: PKK Aceh: Konsumsi ikan sejak dini penting untuk pertumbuhan

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar