counter

"Kucumbu Tubuh Indahku" wakili Indonesia untuk Oscar 2020

"Kucumbu Tubuh Indahku" wakili Indonesia untuk Oscar 2020

Para pemain film "Kucumbu Tubuh Indahku" saat menghadiri pemutaran perdana di Jakarta, Senin (15/4/2019) (ANTARA News/Maria Cicilia Galuh)

Jakarta (ANTARA) - Film garapan sutradara Garin Nugroho, "Kucumbu Tubuh Indahku" ("Memories of My Body) resmi menjadi wakil Indonesia di ajang Academy Awards ke-92, memperebutkan piala Oscar untuk kategori International Feature Film.

Dikutip di Jakarta pada Rabu, Garin, dalam unggahannya di Instagram, memberikan ucapan terima kasih kepada Komite Seleksi Film Indonesia (KSFI) yang telah memilih filmnya untuk bersaing pada ajang perfilman internasional itu tahun depan.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Terimakasih team seleksi dan seluruh #kumparan #film #demifilmindonesia

A post shared by Garin Nugroho Riyanto (@garin_film) on


Sebelumnya, pada Selasa (17/9), film "Kucumbu Tubuh Indahku" diumumkan oleh KSFI untuk mewakili Indonesia setelah menggeser dua kandidat kuat lainnya, "Ave Maryam" dan "27 Steps of May". Menurut KSFI, film yang menceritakan tentang penari lengger itu memenuhi kriteria yang telah ditetapkan.

"Kucumbu Tubuh Indahku" yang tayang di Indonesia sejak 18 April lalu itu sudah mendapat beberapa penghargaan internasional, termasuk dari Italia, Prancis, Australia, dan Meksiko. Film itu juga sudah diputar di lebih dari 30 festival film di seluruh dunia.

Film yang tayang perdana di Festival Film Internasional Venesia ke-75 itu meraih penghargaan "Venice Independent Film Critic 2018", kemudian Film Terbaik di Festival Des 3 Continents 2018, dan Asia Pasific Screen Awards 2018.

Academy Awards ke-92 sendiri akan digelar di Dolby Theatre Hollywood Los Angeles, 9 Februari 2020.

Nantinya, "Kucumbu Tubuh Indahku" akan bersaing dengan film-film hebat dari negara lain seperti "Parasite" (Korea Selatan), "Painted Bird" (Ceko) dan "Weathering with You" (Jepang) untuk menjadi nominasi kategori tersebut.


Baca juga: "Kucumbu Tubuh Indahku" sebuah film tentang mencintai diri

Baca juga: Produser yakin "Kucumbu Tubuh Indahku" tak mungkin diboikot

Baca juga: Cara Muhammad Khan hidupkan jiwa feminim

 

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Oscar Motuloh penerima gelar Empu Ageng pertama di bidang fotografi

Komentar