counter

DPRD Sumbar segera tetapkan pimpinan definitif

DPRD Sumbar segera tetapkan pimpinan definitif

Rapat perdana pembahasan fraksi dan pimpinan DPRD Sumbar definitif di Gedung DPRD Sumatera Barat, Kamis (ANTARA/ Mario Sofia Nasution)

Padang, (ANTARA) - DPRD Sumatera Barat segera menetapkan susunan pimpinan definitif lembaga itu setelah dilakukan pelantikan 65 anggota DPRD Sumbar periode 2019-2024 hasil Pemilu Legislatif 2019 pada Rabu (28/8).

Sekretaris DPRD Sumatera Barat Raflis di Padang, Rabu, mengatakan saat ini surat penunjukan resmi dari empat partai yang akan menduduki posisi ketua dan tiga wakil ketua sudah ada begitu juga susunan fraksi.

“Sore ini kita akan rapat untuk menjadwalkan rapat paripurna penetapan pimpinan DPRD Sumbar dan fraksi di DPRD Sumbar,” katanya.

Baca juga: Pengamat Unand: Anggota DPRD harus berbenah optimalkan fungsi dewan

Ia mengatakan untuk posisi pimpinan yang masuk ke Sekretariat DPRD Sumbar telah lengkap mulai dari Ketua DPRD Sumbar dari Partai Gerindra ditempati oleh Supardi.

Kemudian untuk tiga posisi Wakil Ketua DPRD Sumbar akan ditempati Irsyad Syafar dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Indra dt Rajo Lelo dari Partai Amanat Nasional (PAN), dan Suwirpen dari Partai Demokrat.

Baca juga: Puluhan mahasiswa unjuk rasa saat pelantikan 65 anggota DPRD Sumbar

Sesuai dengan hasil Pemilu Legislatif 2019 di Sumatera Barat Partai Gerindra berhak mendapatkan kursi Ketua DPRD Sumbar periode 2019-2024 yang mengumpulkan 14 kursi diikuti PAN, PKS, dan Partai Demokrat masing-masing 10 kursi.

“Dalam waktu dekat kita akan tetapkan bersama dengan fraksi,” katanya.

Sementara itu, terkait polemik yang terjadi di Gerindra Sumbar yakni adanya unjuk rasa terkait pimpinan DPRD dari Partai Gerindra, dirinya tidak mau terlibat dengan hal tersebut.

“Kekuatan DPRD ada di fraksi dan persoalan itu tentu tidak akan mempengaruhi penetapan pimpinan definitif yang mengantongi surat keputusan resmi dari DPP partai masing-masing,” katanya.

Selanjutnya, setelah dilakukan penetapan pimpinan definitif maka akan dibentuk alat kelengkapan dewan yang terdiri dari badan anggaran, badan kehormatan, dan badan legislasi.

“Struktur alat kelengkapan akan ditetapkan oleh pimpinan definitif dan selanjutnya 65 anggota DPRD Sumbar akan mengikuti bimbingan teknis selama lima hari di BPSDM Kemendagri pada Oktober 2019,” katanya.

 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Wagub Sumbar sebut penyimpangan penyaluran tabung gas 3 kg

Komentar