Meski dengan dana terbatas, kami akan bekerja dengan maksimal dan akan kami tunjukkan dengan prestasi
Jakarta (ANTARA) - Cabang olahraga bela diri Sambo percaya diri menghadapi SEA Games 2019 Filipina setelah atlet terbaiknya meraih sukses di Kejuaraan Asia 2019 di India pekan lalu dengan merebut tiga medali emas, dua perak dan satu perunggu.

"Ini adalah pencapaian terbaik Sambo sejak berdiri di Indonesia 10 tahun lalu. Jadi ini modal yang sangat bagus untuk SEA Games," kata Ketua Umum Persatuan Sambo Indonesia (Persambi) Krisna Bayu di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, pada Kejuaraan Asia 2019 lawan yang dihadapi adalah atlet yang sudah jauh berpengalaman seperti atlet dari Uzbekistan, Kirgistan, Kazakhstan, Iran, Mongolia, Jepang dan Korea Selatan. Dengan demikian, atlet Indonesia satu level di atas negara Asia Tenggara.

Atlet Indonesia yang sukses merebut medali emas pada Kejuaraan Asia 2019 itu Ridha Wahdaniaty kelas women sports 80kg, Desiana Syafitri kelas women sports 52kg dan Emma Ramadinah kelas women combat 64kg.

Untuk medali perak direbut oleh Vincent Majid dari kelas combat -90kg dan Fajar dari kelas combat 57 kg. Sedangkan perungu direbut Muhammad Rizku Fauzi pada kelas combat -82kg. Sebelumnya pada kejuaraan dunia di Korea, Ridha rebut perak dan Desiana meraih perunggu.

"Ya atlet ini yang akan menjadi tumpuan kita di SEA Games 2019. Selain itu kami juga menyiapkan atlet lain yang sebelumnya tidak meraih medali baik di Korea maupun India," kata Krisna Bayu menambahkan.

Baca juga: Tim Sambo SEA Games 2019 jadwalkan uji coba ke Korea dan India

Mantan judoka nasional itu menegaskan dengan prestasi yang ada saat ini pihaknya menargetkan Emma Ramadinah dan kawan-kawan sukses menjadi juara umum pada kejuaraan dua tahunan di Filipina itu. Pada SEA Games 2019, ada tujuh nomor yang dipertandingkan.

"Meski dengan dana terbatas, kami akan bekerja dengan maksimal dan akan kami tunjukkan dengan prestasi," kata Krisna Bayu menegaskan.

Tekad meraih medali emas pada SEA Games 2019 juga dicanangkan oleh Ridha, Desiana, Emma, Vincent, Fajar hingga Muhammad Rizki. Mereka bertekad memberi bukti jika Sambo Indonesia bisa bersaing di internasional.

"Saya sempat bertemu dengan atlet Asia Tenggara seperti dari Thailand dan Filipina. Jadi sedikit banyak saya mengetahui kekuatan mereka. Kita berpeluang ketemu di SEA Games nanti," kata salah satu atlet Sambo putri, Ridha Wahdaniaty.

Begitu juga dengan Vincent Majid. Mantan petarung MMA itu juga bertekad merebut medali emas SEA Games 2019. Pria asal Kalimantan Timur itu sudah merelakan karir profesionalnya dilepas demi untuk berkarir di Sambo.

"Tujuan saya tidak mencari uang. Kalau mencari uang di laga profesional. Jadi tekad saya adalah mengharumkan nama bangsa melalui Sambo," kata petarung MMA yang sudah turun di 11 jenis beladiri itu.

Demi tampil maksimal di SEA Games 2019, Vincent Majid rela menurunkan berat badan dari semula 100kg menjadi 85kg. Hal tersebut dilakukan demi tampil ideal di kelas -92kg.

Baca juga: Target SEA Games 2019 akan diputuskan Juni

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019