counter

Ribuan rumah di Sumedang dapat bantuan pasang listrik gratis

Ribuan rumah di Sumedang dapat bantuan pasang listrik gratis

Direktur Komersial PT Cikarang Listrindo Matius Sugiaman memasang stiker di rumah penerima bantuan pemasangan listrik baru bagi warga tidak mampu di Kampung Ciulur, Desa Tarunamanggala, Kecamatan Cimalaka, KabupatenSumedang, Jawa Barat, Rabu (18/09/2019). (ANTARA/Feri Purnama)

Sumedang (ANTARA) - Tiga ribuan rumah warga tidak mampu di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, mendapatkan bantuan pemasangan baru listrik gratis program "Coorporate Social Responsibilty (CSR)" dari sejumlah perusahaan di antaranya PT Cikarang Listrindo sebagai upaya membantu pemerintah mewujudkan program energi berkeadilan.

"Ada tiga ribuan (pemasangan listrik baru) di Sumedang, ini tidak hanya dari Cikarang Listrindo saja tapi ada teman-teman lain yang sama-sama mendukung program ini," kata Direktur Komersial PT Cikarang Listrindo Matius Sugiaman saat peresmian pemasangan listrik baru bagi warga tidak mampu di Kampung Ciulur, Desa Tarunamanggala, Kecamatan Cimalaka, Sumedang, Rabu.

Ia menuturkan, perusahaannya siap menyalurkan program CSR untuk membantu masyarakat, khususnya dalam program bantuan pemasangan listrik baru bagi masyarakat tidak mampu.

Perusahaannya, kata dia, menyampaikan terima kasih kepada pemerintah yang selama ini sudah menjalin kerjasama dalam bidang usaha pembangkit listrik di Jabar.

"Kami bisa seperti ini (membantu masyarakat) atas kerjasama dari pemerintah. Kami Cikarang Listrindo hanya ikut serta bagian kecil dalam program ini," katanya.
Baca juga: Presiden pasang listrik gratis untuk keluarga tak mampu di Bogor
Baca juga: Teknologi yang ditawarkan milenial ini memungkinkan listrik gratis


Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana yang hadir dalam acara penyerahan pasang listrik baru di Sumedang mengatakan, pemasangan listrik gratis tersebut bagian upaya pemerintah melibatkan sejumlah perusahaan dari PLN, PT Cikarang Listrindo dan sejumlah perusahaan lainnya untuk membantu masyarakat mendapatkan fasilitas jaringan listrik.

"Memastikan program ini bisa berjalan lancar dan tepat sasaran, ini untuk mewujudkan kehadiran energi yang berkeadilan," katanya.

Ia menyampaikan, selama ini masih ada sekitar 710 ribu rumah tangga belum mendapatkan jaringan listrik mandiri, untuk itu program bantuan pemasangan tersebut dapat membantu masyarakat mendapatkan fasilitas listrik.

Ia mengungkapkan, anggaran untuk program pemasangan listrik baru di Kabupaten Sumedang itu bukan dari APBN, melainkan dari perusahaan salah satunya PT Cikarang Listrindo.

"Ada 11.500 rumah tangga yang dibantu Cikarang Listrindo, tidak hanya di Sumedang, di NTT (Nusa Tenggara Timur) mereka juga menyumbang ke sana," kata Rida.

Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir menyampaikan terima kasih telah menyalurkan program bantuan untuk pemasangan listrik baru kepada masyarakat kurang mampu di Kabupaten Sumedang.
Baca juga: KESDM gratiskan 1.250 rumah di NTT pasang sambungan listrik
Baca juga: KESDM gratiskan 1.250 rumah di NTT pasang sambungan listrik


Ia menyebutkan, bantuan dari perusahaan melalui Dirjen Ketenagalistrikan ESDM tersebut sebanyak tiga ribuan rumah tangga tersebar di beberapa daerah di Sumedang.

"Kami ucapkan terima kasih, sangat bersyukur hari ini rombongan datang untuk memastikan bahwa program tepat sasaran, bantuannya ada tiga ribuan lebih sambungan," katanya.

Penerima bantuan pemasangan listrik baru, Wahyudin (35) mengatakan, sebelumnya tidak menyangka akan mendapatkan bantuan pemasangan listrik baru, karena selama ini hanya mencantel ke rumah lain yang sudah terpasang listrik mandiri.

Ia bersama istri dan kedua anaknya mengaku sudah menempati rumah panggung selama 11 tahun, dengan adanya bantuan listrik tersebut merasa lebih nyaman dan aman untuk medapatkan penerangan pada malam hari.

"Kalau selama ini kan hanya menyambungkan ke rumah lain, terkadang kabelnya rusak, setelah dipasang listrik ini merasa lebih aman," katanya.

Ia menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Sumedang, PLN, Kementerian ESDM dan PT Cikarang Listrindo yang telah membantu masyarakat kurang mampu.

"Sekarang dengan program ini jadi terang, saya sampaikan terima kasih telah membantu," kata Wahyudin pekerja buruh pabrik tahu yang didampingi istrinya, Dede (30).
Baca juga: 3.396 rumah tangga di NTB dapat pemasangan listrik gratis

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Menteri ESDM beri contoh cara Beijing dorong kendaraan listrik

Komentar