counter

Besok, Bupati Bogor-Iriana Jokowi bersih-bersih sungai

Besok, Bupati Bogor-Iriana Jokowi bersih-bersih sungai

Bupati Bogor Ade Yasin saat menyerap aspirasi masyarakat Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor dalam kegiatan Rebo Keliling (Boling) di Kantor Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (18/9/2019). ANTARA/M. Fikri Setiawan

Kalau ketemu, OTT (Operasi Tangkap Tangan) pasti diproses ke pengadilan. Kalau sudah masuk pengadilan pasti ada sanksinya
Cibinong, Bogor (ANTARA) - Bupati Bogor Ade Yasin akan melakukan bersih-bersih Sungai Cipakancilan di Cilebut, Kabupaten Bogor, Jawa Barat bersama Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, Kamis (19/9).

"Besok Bu Iriana akan datang ke Bogor untuk bersih-bersih sungai. Kebetulan sungai yang dibersihkan adalah Cipakancilan," ujar dia di Cibinong, Bogor, Rabu.

Bukan hanya melakukan aksi pembersihan sungai di Kecamatan Sukaraja itu, keduanya juga akan terlibat dalam mengedukasi 100 warga mengenai bahaya sampah serta memberikan alat berat untuk mengangkut sampah dari sungai.

"Kita sebagai penyelenggara siap, mudah-mudahan setelah acara ini kita tetap tanggung jawab atas sungai, karena ini kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai," kata Bupati Ade Yasin yang belum genap setahun memimpin Kabupaten Bogor itu.

Sejauh ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor sudah cukup serius dalam memberlakukan peraturan daerah (Perda) terkait dengan sampah. Beberapa kali, Pemkab Bogor melalui petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) memberikan sanksi tindak pindana ringan (tipiring) terhadap pembuang sampah sembarangan.

"Kalau ketemu, OTT (Operasi Tangkap Tangan) pasti diproses ke pengadilan. Kalau sudah masuk pengadilan pasti ada sanksinya," tutur politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu.

Baca juga: Kali Cideng sempat penuh sampah, ini penjelasan petugas kebersihan

Ratusan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) Universitas Pakuan (Unpak) Bogor, Jawa Barat lebih dahulu melakukan aksi memungut sampah di Sungai Cipakancilan dan Kali Baru di Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Rabu, menjelang kedatangan Ibu Negara, Iriana Joko Widodo pada Kamis (19/9).

Koordinator lapangan mahasiswa FISIB Unpak, David Rizar Nugroho, menyebutkan bahwa kegiatan tersebut merupakan arahan langsung Rektor Unpak Prof Bibin Rubini, mengingat lokasi tersebut akan didatangi Ibu Negara.

"Beliau meminta saya mengerahkan mahasiswa FISIB untuk bergerak segera. Sebelum kedatangan Ibu Jokowi besok (19/9) kita sudah bergerak,” ujarnya.

Baca juga: Pasukan oranye butuhkan tenaga ekstra bersihkan sungai
Baca juga: Bersihkan sungai, Komunitas Kali Bersih Kota Magelang kerja bakti bersama warga
Baca juga: Ribuan batang bambu penyumbat hilir Sungai Cikeas dibersihkan

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Presiden RI Jokowi terima kunjungan resmi PM Belanda

Komentar