counter

Dolar menguat setelah Fed pangkas suku bunga

Dolar menguat setelah Fed pangkas suku bunga

Dolar mata uang Amerika Serikat. ANTARA/REUTERS/Thomas White/am.

Kurs dolar AS mencapai level tertinggi tujuh minggu terhadap yen dan level tertinggi tiga bulan terhadap franc Swiss, ...
New York (ANTARA) - Kurs dolar AS menguat terhadap sekeranjang mata uang utama lain pada akhir perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB), setelah Federal Reserve memangkas suku bunga sebesar seperempat poin persentase, di tengah meningkatnya risiko dan ketidakpastian yang berasal dari ketegangan perdagangan dan perlambatan ekonomi global.

Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC), badan penetapan suku bunga Fed, memangkas target untuk suku bunga acuan dana federal ( federal funds rate) sebesar 25 basis poin menjadi ke kisaran 1,75 persen hingga 2,00 persen setelah menyimpulkan pertemuan kebijakan dua hari, sebagian besar sejalan dengan ekspektasi pasar.

Meskipun pasar tenaga kerja kuat dan pertumbuhan yang kuat dalam pengeluaran rumah tangga, "investasi tetap bisnis dan ekspor telah melemah," kata FOMC dalam sebuah pernyataan.

"Pada basis 12 bulan, inflasi keseluruhan dan inflasi untuk barang-barang selain makanan dan energi berjalan di bawah target inflasi bank sentral sebesar dua persen," kata FOMC.

Kurs dolar AS mencapai level tertinggi tujuh minggu terhadap yen dan level tertinggi tiga bulan terhadap franc Swiss, setelah Federal Reserve memangkas suku bunganya. Dolar AS naik dalam tujuh dari delapan sesi terakhir terhadap yen, sementara menyentuh tertinggi hari ini terhadap euro.

Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, naik 0,31 persen menjadi 98,5730 pada akhir perdagangan.

Baca juga: Federal Reserve AS pangkas suku bunga untuk kedua kali tahun ini

Pada akhir perdagangan New York, euro turun menjadi 1,1031 dolar AS dari 1,1066 dolar AS pada sesi sebelumnya, dan pound Inggris turun menjadi 1,2463 dolar AS dari 1,2502 dolar AS pada sesi sebelumnya. Dolar Australia turun menjadi 0,6824 dolar AS dari 0,6860 dolar AS.

Dolar AS dibeli 108,35 yen Jepang, lebih tinggi dari 108,20 yen Jepang pada sesi sebelumnya. Dolar AS menguat menjadi 0,9971 franc Swiss dari 0,9936 franc Swiss, dan naik menjadi 1,3295 dolar Kanada dari 1,3251 dolar Kanada.

Selain memotong suku bunga, seperti dilaporkan Reuters, The Fed mengubah dua suku bunga utama yang digunakan untuk mengelola tuas kebijakan utamanya. The Fed menurunkan suku bunga yang dibayarkan pada kelebihan cadangan bank (IOER) sebesar 30 basis poin, menjadi 1,80 persen. Kurs sekarang  20 basis poin di bawah bagian atas kisaran target, dibandingkan dengan 15 basis poin sebelumnya.

The Fed juga menetapkan tingkat penawaran untuk setiap operasi yang diperlukan dalam perjanjian pembelian kembali 2,2 triliun dolar AS, atau repo, pasar, pada 1,70 persen, lima basis poin di bawah bagian bawah kisaran target baru untuk kebijakan suku bunga.

Perubahan terjadi setelah gejolak pekan ini di pasar pendanaan secara singkat mendorong suku bunga pinjaman antar bank di atas kisaran target bank sentral AS.
Baca juga: Wall Street ditutup bervariasi setelah Fed pangkas suku bunga

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Menguatnya kurs dolar tak pengaruhi daya beli masyarakat

Komentar