counter

Bursa saham Australia menguat, Indeks ASX 200 dibuka naik 0,86 persen

Bursa saham Australia menguat, Indeks ASX 200 dibuka naik 0,86 persen

FILE FOTO: Seorang investor berdiri di depan papan yang memperlihatkan harga saham di Australian Securities Exchange (ASX) di Sydney, Australia, (27/06/2016). ANTARA/REUTERS/David Gray/am.

Perbedaan itu dapat berarti bahwa pasar akan lebih bergantung pada data, dengan fokus pada pertumbuhan, inflasi dan ekspor
Sydney (ANTARA) - Bursa saham Australia dibuka menguat pada perdagangan Kamis pagi, dengan keuntungan berbasis luas dan setiap sektor mencatat kenaikan kuat.

Pada pukul 10.30 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 57,40 poin atau 0,86 persen menjadi 6.739,00, sedangkan Indeks All Ordinaries yang lebih luas naik 56,10 poin atau 0,83 persen pada 6.847,30 poin.

Dengan pasar global bereaksi terhadap keputusan Federal Reserve (Fed) AS menurunkan suku bunga sebesar 25 basis poin semalam, komentator menyebut langkah itu "pemotongan hawkish".

Tetapi menurut Kepala Strategi Pasar CMC Markets, Michael McCarthy, proyeksi anggota dewan menunjukkan jalur tingkat bunga yang lebih tinggi daripada yang ditunjukkan oleh pasar saat ini.

"Perbedaan itu dapat berarti bahwa pasar akan lebih bergantung pada data, dengan fokus pada pertumbuhan, inflasi dan ekspor," katanya.

“Sementara reaksi pasar dibungkam, reaksi dari Gedung Putih sangat luar biasa. Presiden mencuit bahwa Ketua Fed Powell 'Tidak ada nyali, tidak masuk akal, tidak ada visi"

Baca juga: Powell: Fed AS tak akan pakai suku bunga turun untuk dongkrak ekonomi

"Antipati terbuka antara presiden dan ketua Fed belum pernah terjadi sebelumnya."

"Mungkin saja presiden menanggapi beberapa bahasa yang lebih halus dalam pernyataan terlampir The Fed, menyoroti gangguan perdagangan dan penurunan ekspor sebagai risiko utama bagi ekonomi AS."

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia reli dengan saham Commonwealth Bank naik 1,03 persen, Westpac Bank naik 1,19 persen, National Australia Bank naik 1,13 persen dan ANZ naik 1,26 persen.

Saham-saham pertambangan sebagian besar lebih tinggi dengan BHP naik 0,27 persen, Rio Tinto naik 0,73 persen dan Fortescue Metals naik 0,44 persen, namun penambang emas Newcrest turun 1,01 persen.

Saham produsen-produsen minyak dan gas terangkat dengan Woodside Petroleum naik 0,25 persen, Santos naik 0,26 persen dan Oil Search naik 0,92 persen.

Baca juga: Harga minyak terus menurun, setelah Saudi janji pulihkan produksi

Saham jaringan supermarket terbesar di Australia juga melonjak dengan Coles Group naik 0,58 persen dan Woolworths naik 1,29 persen.

Sementara saham raksasa telekomunikasi Telstra meningkat 1,69 persen, maskapai penerbangan nasional Qantas terangkat 1,12 persen dan perusahaan biomedis CSL naik 0,89 persen. Demikian laporan yang dikutip dari Xinhua.

Baca juga: Melemah, dolar diperdagangkan pada paruh tengah 108 yen

Baca juga: Harga emas naik 3 hari beruntun, hanya turun tipis pascakeputusan Fed


 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar