Aset keuangan swasta global jatuh untuk pertama kalinya sejak 2008

Aset keuangan swasta global jatuh untuk pertama kalinya sejak 2008

"Laporan Kekayaan Global Allianz 2019," mengungkapkan bahwa aset keuangan rumah tangga di seluruh dunia turun 0,1 persen pada 2018 dan mengalami stagnasi pada total 172,5 triliun euro (190,5 triliun dolar AS) pada tahun sebelumnya. FOTO: AFP

Meningkatnya konflik perdagangan, penarikan Inggris dari Uni Eropa yang sedang berlangsung, meningkatnya ketegangan geopolitik, serta pengetatan kondisi moneter dan (pengumuman) normalisasi kebijakan moneter akan berdampak pada aset pada tahun sebelu
Berlin (ANTARA) - Total aset keuangan swasta dunia pada 2018 menurun untuk pertama kali sejak krisis keuangan 2008, "Laporan Kekayaan Global Allianz 2019," yang diterbitkan oleh perusahaan asuransi terbesar Jerman, menunjukkan pada Rabu (18/9/2019) .

Aset keuangan rumah tangga di seluruh dunia turun 0,1 persen dan mengalami stagnasi pada total 172,5 triliun euro (190,5 triliun dolar AS) pada tahun sebelumnya, menurut Allianz.

Meningkatnya konflik perdagangan, penarikan Inggris dari Uni Eropa yang sedang berlangsung, meningkatnya ketegangan geopolitik, serta pengetatan kondisi moneter dan (pengumuman) normalisasi kebijakan moneter akan berdampak pada aset pada tahun sebelumnya, kata Allianz.

Pasar saham telah bereaksi "sesuai", karena harga saham turun secara global sebesar 12 persen pada 2018, menurut laporan itu.

Meskipun terjadi penurunan aset keuangan, tabungan baru "mencetak rekor baru," meningkat 22 persen menjadi lebih dari 2.700 miliar euro, kata laporan itu.

Perkembangan ini didorong terutama oleh rumah tangga AS, yang mampu meningkatkan tabungan mereka sebesar 46 persen berkat reformasi pajak AS pada 2018. Dua pertiga dari semua tabungan dari negara-negara industri berasal dari AS pada tahun sebelumnya.

Rumah tangga Swiss memiliki bagian tertinggi dari aset kotor per kapita dengan 266.318 euro pada 2018, menurut perhitungan Allianz, diikuti oleh Amerika dengan 227.364 euro dan Denmark dengan 156.317 euro.

Allianz mencatat bahwa aset keuangan di negara-negara industri dan berkembang menurun secara bersamaan untuk pertama kalinya dalam sejarah, yang bahkan tidak terjadi selama "puncak krisis keuangan" pada 2008.

Ini akan menjadi "pembalikan yang luar biasa dalam tren" karena pertumbuhan aset keuangan di negara-negara miskin telah melampaui rata-rata negara kaya lebih dari 11 poin persentase selama dua dekade terakhir, menurut Allianz.
Baca juga: Allianz X berinvestasi di aplikasi layanan kesehatan Halodoc

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar