counter

Industri pembakaran arang, peleburan alumunium di Cilincing ditutup

Industri pembakaran arang, peleburan alumunium di Cilincing ditutup

Salah satu tempat pembakaran arang dan alumunium yang ada di Jalan Inspeksi Cakung Drain, Cilincing yang diduga menyalahi aturan pencemaran lingkungan karena udara yang diluar ambang batas baku mutu. ANTARA/Laily Rahmawaty/am.

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 365 personel gabungan TNI/Polri dan Satpol PP disiagakan dalam pembongkaran industri rumah tangga pembakaran arang batok dan peleburan aluminium Cilincing, Jakarta Utara, Kamis.

Adapun rincian personal tersebut 165 orang personil di lapangan dan 150 orang personil bersiaga siap menunggu perintah bila diperlukan.

Baca juga: Wali kota sebut pembakaran arang Cilincing dibongkar Kamis

Baca juga: Sudin LH Jakut survei lokasi stasiun pemantau kualitas udara

Baca juga: Pemkot Jakut pasang alat ukur kualitas udara di Cilincing


Kegiatan pembongkaran usaha pembakaran arang dan peleburan aluminium tersebut berlangsung pukul 10.00 WIB. Rincian personel yang di lapangan yakni Satpol PP sebanyak 80 orang, PPSU sebanyak 50 orang, LH dan Satpel lainnya sebanyak 10 orang, Polsek dan Koramil sebanyak 10 orang, total 150 orang.

Adapun personel keamanan dari wilayah Kota Jakarta Utara didukung Satpol PP sebanyak 50 orang, TNI dan Polri sebanyak 15 orang.

Seperti diberitakan sehari sebelumnya, Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Sigit Wijatmoko mengatakan akan dilakukan pembongkaran cerobong pembongkaran arang batok secara mandiri oleh para pemilik pada Kamis ini.

"Besok (Kamis) akan dilaksanakan pembongkaran mandiri oleh para pengusaha arang batok, kemudian mereka tidak lagi melakukan usaha pembakaran arang batok di Cilincing," kata Sigit usai meninjau SDN Cilincing 07 Pagi, Rabu.

Sigit menyebutkan total ada 18 pemilik pembakaran arang batok yang beroperasi di wilayah Kali Baru Cilincing tersebut. Semuanya bersedia untuk menghentikan operasi dan membongkar cerobong pembakarannya.

"Mereka akan berpindah tidak lagi melakukan usaha pembakaran di lokasi ini," kata Sigit.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pembongkaran usaha pembakaran arang di Cilincing

Komentar