Wagub Lampung dorong masyarakat kembangkan konsep pertanian perkotaan

Wagub Lampung dorong masyarakat kembangkan konsep pertanian perkotaan

Masyatakat Lampung mengembangkan konsep pertanian perkotaan (Antara Lampung/Agus Wira Sukarta)

Bandarlampung (ANTARA) -
Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim ( Nunik) mengajak semua pihak membumikan pertanian organik dan mengembangkan urban farming atau konsep pertanian perkotaan.

"Pertanian organik menjadi jawaban bagi kita untuk memperoleh produk pertanian yang sehat dan bebas bahan kimia," kata dia, di Bandarlampung, Kamis.

Menurut dia, seperti ketahui efek pestisida berdampak pada rusaknya lahan pertanian hingga berdampak pada kesehatan manusia saat produk tersebut dikomsumsi.

Karena itu, lanjutnya, dengan membuminya pertanian organik diharapkan dapat menjadi jawaban dari segala persoalan tersebut.


Selain pertanian organik Wagub Nunik juga berkeinginan mengembangkan urban farming terutama di wilayah perkotaan yang memiliki keterbatasan lahan.

Urban farming sebuah metode pertanian yang mulai diminati anak-anak muda Lampung saat ini.

Baca juga: "Urban Farming" solusi ketahanan pangan di Surabaya

"Ternyata urban farming cukup menarik minat anak – anak muda saat ini. Saya optimis dengan metode ini kaum milenial perkotaan dapat mengembangkan pertanian yang jauh dari kesan pertanian konvensional yang kita kenal," jelasnya.

Metode urban farming menepis stigma bahwa bertani itu kotor, rumit, ribet, pupuk langka menjadi sebuah aktivitas pertanian kekinian yang menghasilkan produk yang bersih, sehat, dan memilki nilai jual yang mahal, kata Wagub Nunik.

Menurut dia, tidak sepenuhnya pertanian menjadi runtuh dan mati karena minimnya generasi penerus petani.

Setelah melihat urban farming terutama di Lampung sangat memungkin kan kecintaan anak-anak muda terhadap dunia pertanian mulai berkembang.

Hal ini menjadi harapan baru bagi dunia pertanian kedepannya selaras dengan program prioritas gubernur dan wagub dalam rangka mewujudkan Petani Lampung yang berjaya.

"Bersama – sama dengan gubernur, kami memiliki banyak program prioritas yang konsern terhadap pertanian dan kejayaan Petani Lampung, semoga Program kami ini dapat selaras dengan apa yang dicita – citakan Maporina," ungkap Wagub.

Baca juga: Yogyakarta kembangkan pertanian perkotaan

Sementara itu, Ketua Umum Masyarakat Pertanian Organik Indonesia (Maporina) Pusat, Djoko Sidik Pramono mengatakan bahwa kedatangannya ke Provinsi Lampung dalam rangka pelantikan kepengurusan Maporina Provinsi Lampung yang dilaksanakan pada Kamis (19/9)

"Saya bersama teman-teman Maporina menyampaikan ribuan terimakasih atas undangan dari Ibu Nunik. Saya juga berterimakasih sekali atas kepedulian bapak dan ibu sekalian khususnya Bu Nunik atas komitmennya membangun masyarakat Indonesia kedepan agar memiliki kualitas sumberdaya manusia lebih baik dibidang pertanian," ujarnya.

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar