counter

Formula 1

Haas tetap diperkuat Grosjean dan Magnussen untuk F1 musim 2020

Haas tetap diperkuat Grosjean dan Magnussen untuk F1 musim 2020

Dokumentasi - Pebalap F1 Haas Kevin Magnussen dan Romain Grosjean berfoto dengan mobil mereka saat peluncuran Haas Formula One Team Livery di Royal Automobile Club, London, Inggris, Kamis (7/2/2019). (REUTERS/JOHN SIBLEY)

Jakarta (ANTARA) - Romain Grosjean akan tetap membalap bareng Kevin Magnussen di tim Haas hingga musim depan, demikian pengumuman tim Haas F1 itu, Kamis, jelang Grand Prix Singapura.

Oleh karenanya formasi duo pebalap itu akan membela tim yang bermarkas di Amerika Serikat tersebut untuk kali keempatnya secara beruntun ketika tim itu memasuki tahun kelimanya di Formula 1.

Grosjean (33), asal Prancis, telah bersama Haas sejak debut tim di F1 pada 2016, kala itu berpasangan dengan Esteban Gutierrez dari Meksiko. Sedangkan sang pebalap Denmark, Magnussen (26) baru bergabung di tahun selanjutnya.
 

"Aku selalu menyatakan jika aku ingin tinggal... dan terus membangun pencapaian tim ini," kata Grosjean dalam pernyataan tertulis seperti dikutip Reuters.

"Berada di sana sejak awal dan telah melihat bagaimana kerja Gene Haas dan Guenther Steiner membawa tim ini menjadi kompetitif, aku sangat senang bisa lanjut menjadi bagian itu."

Baca juga: Hamilton incar hattrick di Grand Prix Singapura

Haas memiliki kemitraan teknis dengan Ferrari, sebagai pemasok power unit. Saat ini tim dengan warna livery hitam-emas itu berada di peringkat sembilan dari 10 konstruktor, berada di atas tim Williams yang terseok-seok musim ini dengan tujuh balapan tersisa.

Magnussen telah mengemas 26 poin, unggul 18 poin dari Grosjean. Namun Haas bersikeras mereka menginginkan stabilitas daripada perubahan.

"Pengalaman, dan kebutuhan akan itu, telah menjadi salah satu fondasi dari tim Haas F1," kata kepala tim Guenther Steiner.

Dengan Grosjean dan Magnussen di timnya, Guenther berharap jajaran pebalapnya itu menjadi platform yang solid untuk melanjutkan pengembangan.

"Pemahaman mereka tentang bagaimana kami bekerja sebagai satu tim, dan pengetahuan kami dari apa yang mereka bisa berikan di belakang kemudi, memberikan kontinuitas yang memiliki nilai tambah dan fondasi kuat untuk tetap membangun tim kami."

Dengan memilih kembali Grosjean, yang mengawali karirnya dengan Renault pada 2009 dan mengemas 10 podium finis sejauh ini, maka pintu untuk Nico Hulkenberg pun tertutup.

Baca juga: Statistik Grand Prix Singapura

Haas sebelumnya mengincar pebalap berusia 32 tahun asal Jerman itu.

Hulkenberg akan digantikan oleh pebalap muda Prancis Esteban Ocon yang akan membalap bersama Daniel Ricciardo di Renault tahun depan.

Enam dari 10 tim telah mengonfirmasi jajaran pebalap mereka sedangkan Alfa Romeo dan Williams belum mengumumkan rencana mereka.

Sementara itu Red Bull memiliki pilihan pebalap dari dua tim yang mereka miliki; Red Bull Racing dan Toro Rosso.

Baca juga: Ferrari tak mau pasangkan Verstappen dengan Leclerc
 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar